MULIA SITI SARAH NJ, muliasitisarah@gmail.com (2022) EVALUASI INSTRUMEN BERBASIS HOTS PEMBELAJARAN DARING KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN WAY HALIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1106Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1007Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum dilakukannya evaluasi instrumen penilaian berbasis HOTS pada pembelajaran daring kelas tinggi di sekolah dasar Kec. Way Halim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas instrumen penilaian berbasis HOTS pada pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan metode studi kasus. Populasi penelitian 34 pendidik dan sampel penelitian 25 pendidik diambil menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentas. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Instrumen penilaian yang berbasis HOTS yang dibuat oleh pendidik untuk ulangan harian mencapai 44% pada kelas 6 SDN 2 Way Halim Permai, UTS 53% kelas 4 pada SDN 1 Gunung Sulah, dan UAS 80% pada kelas 5 SDN 2 Way Halim Permai. Karakteristik HOTS hanya ditemukan pada aspek menganalisis (C4), dan tidak ditemukan pada aspek mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Instrumen penilaian berbasis HOTS pada ulangan harian, UTS, dan UAS di SD kec. Way Halim memperoleh skor dengan retang rata-rata 0,7-0,9 dengan kualitas baik sampai dengan sangat baik. Kata Kunci : HOTS, instrumen, pembelajaran daring This Research was done due to the absence of the evaluation ot the HOTS based assessment instrument in high-grade online learning in elementary school in Way Halim district. The perpose of this research is to get the quality HOTS assessment instrumen on online class. This is a quantitave research by using study cases method. This researd used 34 trainer, and taken 25 trainer as probability sampling us random sampling. The technique in getting data by using documentation. The data is analyzed with descriptive quantitative. The result of this researd as point out of HOTS assessment instrumen on daily test, mid test, and final test. The HOTS-based assessment instrument made by educators for daily tests reached 44% in grade 6 at SDN 2 Way Halim Permai, 53% UTS in grade 4 at SDN 1 Gunung Sulah, and 80% UAS in grade 5 at SDN 2 Way Halim Permai. The HOTS characteristic test is on analysis term or cognitive analysis (C4), but there is not found for evaluating aspect (C5), and creating espect (C6). HOTS-based assessment instruments on daily tests, UTS, and UAS in SD kec. Way Halim obtained various scores with an average range of 0,7-0,9 with good to very good quality. Key word: HOTS, instrument, online class
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2208485384 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 07:09 |
Terakhir diubah: | 14 Nov 2022 07:09 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66898 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |