PENGARUH INKUIRI BERBEDA TERINTERGRASI PEMBELAJARAN ABAD 21 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA SMA

Kris Julis Iman Setia Waruwu, krisjulisimansetiawaruwu@gmail.com (2022) PENGARUH INKUIRI BERBEDA TERINTERGRASI PEMBELAJARAN ABAD 21 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1576Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1336Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbeda terintergrasi pembelajaran abad 21 untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa SMA pada materi Usaha dan Energi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Cukuk Balak tahun ajaran 2021/2022. Sampel pada penelitian ini peserta didik di kelas X IPA 25 berjumlah 25 sebagai kelas eksperimen, dan peserta didik di kelas X IPA 1 berjumlah 25 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent pretest posttest control group design. Data yang di uji menggunakan uji independent sample t-test. Data penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbedaan nilai rata-rata antara kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran inkuiri berbeda dan model pembelajaran konvensional dengan rata-rata nilai yaitu 80,28 dan 60,52. Pada kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain dengan kategori tinggi, dan kelas kontrol memperoleh nilai N-Gain dengan kategori sedang. Hasil analisis menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri berbeda terhadap kemampuan pemecahkan masalah fisika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kata Kunci: usaha dan energi, inkuiri berbeda, pemecahan masalah This study aims to determine the effect of differentiated inquiry learning models integrated into 21st century learning to improve the physics problem solving ability of high school students on the subject of Effort and Energy. The population of this research is all students of class X IPA SMA Negeri 1 Cukuk Balak for the academic year 2021/2022. The sample in this study was 25 students in class X IPA 25 as the experimental class, and 25 students in class X IPA 1 as control class. The research design used was a non-equivalent pretest posttest control group design . Tested data using independent sample t-test . Research data show that there is different the average value between ability solving problem using the learning model inquiry different and models learning conventional with the average value namely 80.28 and 60.52. On class experiment get score N-Gain with category height , and class control get score N-Gain with category medium . The results of the analysis show that there is an influence of the learning model inquiry different to the physics problem-solving ability of the experimental class is better than the control class. Keywords : effort and energy , inquiry different , solving problem

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2208376485 . Digilib
Date Deposited: 15 Nov 2022 07:39
Terakhir diubah: 15 Nov 2022 07:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66911

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir