Rossy Septiyani , 1813021031 (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMAHAMAN KONSEP MATERI GARIS DAN SUDUT (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lempuing Kabupaten OKI Semester GenapTahun Ajaran 2021/2022). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (982Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (762Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Analisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa berdasarkan pada jenis-jenis kesalahan menurut pendapat Soedjadi yaitu kesalahan fakta, konsep, prinsip dan operasi, serta mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep pada materi garis dan sudut. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII.6 SMP Negeri 1 Lempuing yang berjumlah 24 siswa dengan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Data penelitian diperoleh dari tes tertulis berisi 3 butir soal pada materi garis dan sudut serta kegiatan wawancara kepada siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil persentase kesalahan fakta sebesar 70,83%, kesalahan konsep 36,11%, kesalahan prinsip 16,67% dan kesalahan operasi sebesar 43,75%. Faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa yaitu kurangnya ketelitian siswa dalam menyelesaikan soal, kebiasaan belajar siswa serta motivasi belajar siswa. Diperoleh kesimpulan dari penelitian ini bahwa masih terdapat banyak kesalahan yang dilakukan siswa dalam melakukan langkah-langkah pada penyelesaian soal yang disebabkan kesalahan serta kurangnya pemahaman siswa dalam memahami konsep materi yang diujikan. Kata kunci : Analisis Kesalahan, Jenis Kesalahan Soedjadi, Garis dan Sudut
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2208814390 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 07:49 |
Terakhir diubah: | 15 Nov 2022 07:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66914 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |