EFEKTIVITAS PEMBERIAN PUPUK DAUN NK TERHADAP SERAPAN HARA N DAN K SERTA PERTUMBUHAN DAN PRODUKSITANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt) DI TANAH ULTISOL

YUNI ARTINI, KADEK (2022) EFEKTIVITAS PEMBERIAN PUPUK DAUN NK TERHADAP SERAPAN HARA N DAN K SERTA PERTUMBUHAN DAN PRODUKSITANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt) DI TANAH ULTISOL. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1871Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1794Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Jagung manis merupakan salah satu produk hortikultura yang sampai saat ini permintaan akan produk tersebut semakin pesat. Buah dari jagung manis sangat disukai banyak oerang. Akhir-akhir ini permintaan pasar terhadap jagung manis terus meningkat seiring dengan munculnya pasar-pasar modern yang senantiasa membutuhkannya dalam jumlah cukup besar, namun permintaan yang tinggi ini tidak diimbangi dengan ketersediaaan, sehingga mengakibatkan permintaan tersebut menjadi tidak terpenuhi. Untuk membantu meningkatkan produktivitas jagung manis, perlu dilakukan pemupukan. Pupuk adalah suatu faktor yang sangat penting bagi semua tanaman pertanian. Penggunaan pupuk organik ataupun anorganik menyebabkan kandungan unsur-unsur hara dalam tanah meningkat dan hal tersebut dapat membantu pertumbuhan tanaman dengan cepat serta meningkatkan hasil produksi jagung manis. Pemupukan dapat dilakukan pada akar maupun pada daun tanaman, namun pupuk padda daun bukan bertujuan untuk menggantikan fungsi dari pupuk pada akar, melainkan untuk pelengkap. Berdasarkan beberapa penelitian ditunjukkan bahwa pemberian pupuk N dan K melalui daun dapat meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk pupuk daun makro majemuk NK pada tanaman jagung manis serta mengetahui pertumbuhan dan hasil produksi jagung manis akibat pemberian pupuk daun makro majemuk NK. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Mei-Agustus 2021, di lahan milik petani yang berlokasi di Desa Srisawahan, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah. Analisis tanaman dilakukan pada Februari-April 2022 di laboratorium Ilmu Tanah, Jurusan Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung dan Laboratorium Politeknik Negeri Lampung, dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) secara faktorial yang terdiri dari 4 perlakuan. Perlakuan penelitian meliputi Kontrol yaitu tanpa perlakuan (K), Standar yaitu 1 NPK (S), Standar+pupuk pada daun yaitu 1 NPK + 3 g/l pupuk pada daun (SNK), dan Standar+pupuk pada daun yaitu ¾ NPK + 3g/l pupuk pada daun (¾ SNK). Perlakuan tersebut diulang sebanyak 5 kali ulangan yang menghasilkan 20 petak. Pupuk NPK yang dipakai berupa pupuk tunggal yang terdiri dari pupuk Urea (N), pupuk SP-36, dan pupuk KCl dengan masing-masing dosis yaitu pupuk Urea 300 kg ha-1, pupuk SP-36 150 kg ha-1 dan pupuk KCl 38 kg ha-1. Digunakan uji Barlett untuk menguji Homogenitas ragam dan uji lanjut menggunakan uji DMRT taraf 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan perlakuan pupuk daun makro majemuk NK mampu meningkatkan secara nyata serapan hara N dan K pada berangkasan dan buah jagung manis, berpengaruh dalam peningkatan pertumbuhan, serta hasil produksi tanaman jagung manis. Kata Kunci: Jagung manis, pemupukan, pupuk daun makro majemuk N dan K, serapan hara N dan K.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2208827040 . Digilib
Date Deposited: 16 Nov 2022 07:33
Terakhir diubah: 16 Nov 2022 07:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66931

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir