PENGARUH METODE DEBAT AKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Irma Merlinda, 1813053089 (2022) PENGARUH METODE DEBAT AKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1221Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1138Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH METODE DEBAT AKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR Oleh IRMA MERLINDA Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan metode belajar yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode debat aktif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen (quasi-experimental) dan data yang digunakan adalah data kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Bandar Lampung yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik penarikan sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan lembar tes dan studi dokumen. Hasil teknik analisis data menggunakan rumus uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode debat aktif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V sekolah dasar dengan persentase sebesar 79%. Kata kunci: hasil belajar tematik, metode debat aktif ABSTRACT THE EFFECT OF ACTIVE DEBATE METHOD ON THE THEMATIC LEARNING OUTCOMES OF FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS By IRMA MERLINDA The problem of this research is the low thematic learning outcomes of the fifthgrade students caused by the lack of use of a suitable learning method. The purpose of this study was to determine the effect of the active debate method on the learning outcomes of the fifth-grade elementary school students. The research method used is experimental (quasi-experimental) and the data used is quantitative. The research design used is a non-equivalent control group design. The population in this study were all the fifth-grade students of SD Negeri 1 Rajabasa Bandar Lampung, totaling 35 students. The sampling technique used was the saturated sampling technique. Data collection using test sheets and document study. The results of the data analysis technique using the t-test formula showed that there was an effect of the active debate method on the learning outcomes of the fifth-grade elementary school students with a percentage of 79%. Key words: active debate method, thematic learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2208123794 . Digilib
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:47
Terakhir diubah: 17 Nov 2022 02:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66937

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir