PENGARUH TEPUNG UMBI RUMPUT TEKI (Cyperus rotundus L.) TERHADAP PENYAKIT LAYU FUSARIUM PADA FASE VEGETATIF TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

Ratna Sari Dewi Marbun, 1414121195 (2021) PENGARUH TEPUNG UMBI RUMPUT TEKI (Cyperus rotundus L.) TERHADAP PENYAKIT LAYU FUSARIUM PADA FASE VEGETATIF TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Ratna Sari Dewi Marbun.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Ratna Sari Dewi Marbun.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (939Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Ratna Sari Dewi Marbun.pdf

Download (785Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.) bernilai ekonomi tinggi ditinjau dari fungsinya. Produksi umbi bawang merah dapat mengalami penurunan yang dapat disebabkan oleh penyakit layu fusarium. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh tepung umbi Cyperus rotundus terhadap keterjadian penyakit layu fusarium dan tinggi tanaman bawang merah (A. ascalonicum L.) pada fase vegetatif serta konsentrasi tepung umbi C. rotundus yang paling baik terhadap pengurangan keterjadian penyakit layu Fusarium. Penelitian dilakukan pada September – Desember 2018 di Laboratorium Lapang Terpadu, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Penelitian ini disusun menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan dengan 3 pengulangan. Perlakuan berupa kontrol, fungisida mankozeb, dan 3 konsentrasi tepung umbi C. rotundus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tepung umbi C. rotundus semua perlakuan tidak menurunkan keterjadian penyakit layu fusarium dan tidak berpengaruh nyata dalam meningkatkan tinggi tanaman bawang merah (A. ascalonicum L.) pada fase vegetatif. Selain itu tidak terdapat satu konsentrasi tepung umbi C. rotundus yang dapat mengurangi keterjadian penyakit layu fusarium dan meningkatkan tinggi pada tanaman bawang merah (A. ascalonicum L.) fase vegetatif. Kata kunci : Bawang merah, Cyperus rotundus, Fungisida, Fusarium

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:45
Terakhir diubah: 17 Nov 2022 03:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66948

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir