PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KONSEP DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN

SURYANELI, 1723031016 (2021) PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KONSEP DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Surya Neli.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Surya Neli.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1982Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Surya Neli.pdf

Download (1977Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis dan konsep diri siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bakauheni Lampung Selatan. Penelitian termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 93 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 90 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Untuk uji analisis data menggunakan uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa dapat ditunjukkan dengan nilai R square = 0,556 atau sebesar 55,6 %. atau kontribusi keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa sebesar 55,6 %. Indikator berpikir kritis terbesar yang mempengaruhi ialah indikator alasan sebesar 75,5%. 2) Pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar dapat ditunjukkan dengan nilaiR sqaure=0,564 atau sebesar 56,4%. artinya kontribusi konsep diri terhadap hasil belajar sebesar 56,4%. Indikator konsep diri terbesar yang mempengaruhi ialah dimensi eksternal sebesar 66,4%. 3) Pengaruh variabel keterampilan berpikir kritis dan konsep diri terhadap hasil belajar adalah sebesar 0,565. Hal ini berarti pengaruh variabel keterampilan berpikir kritis dan konsep diri terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bakauheni sebesar 56,5 %. Hasil ini menunjukan bahwa keterampilan berpikir kritis dan konsep diri memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 56,5 % dan sisanya 43,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Konsep Diri, Hasil Belajar The purpose of this study was to determine the effect of critical thinking skills and students' self-concept on student learning outcomes in class VIII SMP Negeri 2 Bakauheni South Lampung. This research is included in quantitative descriptive research. The population in this study amounted to 93 students. The sampling technique in this study used a total sampling technique. The sample used in this study amounted to 90 students. Data collection is done by questionnaire. The prerequisite test used normality and homogeneity tests. To test the data analysis using t test, F test and coefficient of determination. The results showed that: 1) The effect of critical thinking skills on student learning outcomes can be indicated by the value of R square = 0.556 or 55.6%. or the contribution of critical thinking skills to student learning outcomes is 55.6%. The biggest critical thinking indicator that influences is the reason indicator at 75.5%. 2) The effect of self-concept on learning outcomes can be shown by the value of R square = 0.564 or 56.4%. meaning that the contribution of self-concept to learning outcomes is 56.4%. The biggest self-concept indicator that influences is the external dimension of 66.4%. 3) The effect of critical thinking skills and self-concept variables on learning outcomes is 0.565. This means that the influence of critical thinking skills and self-concept variables on the learning outcomes of class VIII SMP Negeri 2 Bakauheni students is 56.5%. These results indicate that critical thinking skills and self-concept have an influence on student learning outcomes by 56.5% and the remaining 43.5% is influenced by other factors not examined. Keywords: Critical Thinking Skills, Self-Concept, Learning Outcomes

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:47
Terakhir diubah: 17 Nov 2022 03:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66956

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir