PEMBELAJARAN IPS BERBASIS DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMPN 35 BANDAR LAMPUNG

TESIS SUWARTINI, 1723031017 (2021) PEMBELAJARAN IPS BERBASIS DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMPN 35 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Tini Tini.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Tini Tini.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1653Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Tini Tini.pdf

Download (1653Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya dalam aspek pendidikan. Dengan adanya pandemi ini mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran di Indonesia yaitu pembelajaran harus dilaksanakan secara daring atau jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran daring dalam pembelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMPN 35 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengambil sumber data. Data hasil penelitian ini dapat diketahui secara jelas dari analisis deskriptif berupa kata-kata secara tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang akan diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di UPT SMPN 35 Bandar Lampung sudah terlaksana dengan baik, peserta didik dan guru telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu menggunakan media pembelajaran, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik. Pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar selain itu peserta didik dituntut untuk lebih mandiri dan termotivasi untuk lebih aktif belajar. Pelaksanaan pembelajaran daring dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi google classroom dan WhatsApp. Namun, pembelajaran daring memiliki kendala dalam pelaksanaannya kondisi jaringan yang tidak stabil, tidak ada HP, dan dalam pembelajaran daring. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, IPS Terpadu The Covid-19 pandemic has had a considerable impact on the lives of Indonesian people, one of which is in the aspect of education. The existence of this pandemic has prompted the government to issue policies regarding the implementation of learning in Indonesia, namely learning must be carried out online or remotely. This study aims to determine online learning in Integrated Social Studies learning in grade VII SMPN 35 Bandar Lampung in the 2020/2021 academic year. The method in this study uses qualitative methods, namely research conducted by taking data sources. The data from this research can be clearly seen from the descriptive analysis in the form of written or spoken words from people and the behavior to be observed. Data collection techniques used in the form of observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used in this research is data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study illustrate that the implementation of online learning at UPT SMPN 35 Bandar Lampung has been carried out well, students and teachers already have the basic facilities needed, it illustrates the readiness for the implementation of online learning. In the implementation of online learning the teacher has carried out lesson plans and has carried out learning well, namely using learning media, strategies, methods and learning approaches that are tailored to students. Online learning has flexibility in its implementation and is able to encourage teachers to be more creative in teaching besides that students are required to be more independent and motivated to be more active in learning. The implementation of online learning is carried out using the Google Classroom and Whatsapp applications. However, online learning has obstacles in its implementation, unstable network conditions, no cellphone, and in online learning. Keywords: Online Learning, Integrated Social Studies

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:58
Terakhir diubah: 17 Nov 2022 03:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66957

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir