PERUBAHAN STRUKTUR HISTOLOGI JANTUNG MENCIT (Mus musculus L.) YANG DIINDUKSI ALOKSAN SETELAH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN SONGGOLANGIT (Tridax procumbens L.)

RIZKA DEWI YULIANA, 1857021002 (2022) PERUBAHAN STRUKTUR HISTOLOGI JANTUNG MENCIT (Mus musculus L.) YANG DIINDUKSI ALOKSAN SETELAH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN SONGGOLANGIT (Tridax procumbens L.). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (96Mb) | Preview
[img] File PDF
FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (97Mb)
[img]
Preview
File PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (97Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hiperglikemia termasuk penyakit gangguan metabolik yang ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi batas normal yang dapat menyebabkan gangguan pada imun tubuh dan komplikasi berbagai organ vital seperti jantung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian daun songgolangit terhadap berat badan, indeks organ jantung dan tingkat kerusakan histologi sel otot jantung pada mencit yang diinduksi aloksan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 kelompok perlakuan dan masing-masing 5 ulangan. Kelompok K(-) sebagai kontrol negatif (normal), kelompok K(+) sebagai kontrol positif (hanya diinduksi aloksan dengan dosis 8 mg/g/bb), kelompok P1 sebagai kelompok perlakuan 1 (diinduksi aloksan dan diberi ekstrak etanol daun songgolangit dengan dosis 0,45 mg/g bb/hari selama 14 hari secara oral), Kelompok P2 sebagai kelompok perlakuan 2 (diinduksi aloksan dan diberi ekstrak etanol daun songgolangit dengan dosis 0,9 mg/g bb/hari selama 14 hari secara oral), kelompok P3 sebagai kelompok perlakuan 3 (diinduksi aloksan dan diberi ekstrak etanol daun songgolangit dengan dosis 1,8 mg/g bb/hari selama 14 hari secara oral). Parameter yang diamati antara lain berat badan, indeks organ jantung dan histologi organ jantung mencit (Mus musculus L.). Data dianalisis dengan uji parametrik ANOVA dengan uji lanjut LSD dan uji non parametrik Kruskal-Wallis dengan uji lanjut uji Post Hoc Wilcoxon-Mann-Whitney pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan pemberian ekstrak etanol daun songgolangit berpengaruh pada berat badan, indeks organ jantung, dan skor kerusakan pada sel otot jantung sejalan dengan meningkatnya dosis. Dosis yang aman digunakan yaitu dosis 1,8 mg/g bb/hari karena memberikan hasil yang terbaik jika dibandingkan dengan P1 dan P2.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 590 Ilmu hewan (zoologi)
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2208616335 . Digilib
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:19
Terakhir diubah: 18 Nov 2022 09:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66969

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir