EFISIENSI PEMASARAN KAYU GERGAJIAN SENGON (Falcataria moluccana) JENIS PAPAN PADA PENGGERGAJIAN KAYU CAHAYA UTAMA DAN PENGGERGAJIAN KAYU LANCAR DI LAMPUNG UTARA

Syahril Sayuti , 1654151002 (2022) EFISIENSI PEMASARAN KAYU GERGAJIAN SENGON (Falcataria moluccana) JENIS PAPAN PADA PENGGERGAJIAN KAYU CAHAYA UTAMA DAN PENGGERGAJIAN KAYU LANCAR DI LAMPUNG UTARA. Fakultas Pertanian, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (160Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Syahril Sayuti 1654151002 Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2014Kb)
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Syahril Sayuti 1654151002 Tanpa Pembahasan.pdf

Download (1332Kb) | Preview

Abstrak

Kayu merupakan salah satu barang yang diminati oleh masyarakat, semakin tinggi jumlah pertumbuhan masyarakat semakin tinggi juga permintaan jumlah kayu. Hutan rakyat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kayu yang diambil dari hutan rakyat akan diolah menjadi produk berupa papan, balok, kasau dan reng. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui saluran pemasaran dan setelah dilakukan analisis untuk menentukan efisiensi pemasaran pada sawmill PK Cahaya Utama dan PK Lancar. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara kepada responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yaitu analisis saluran pemasaran, margin pemasaran, margin keuntungan, analisis share harga, rasio profit margin, dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Sawmill PK Cahaya Utama memiliki 3 (tiga) saluran pemasaran yaitu (1) Sawmill Rakyat – Konsumen Akhir, (2) Sawmill Rakyat – Pedagang Perantara – Industri Lampung Utara – Konsumen Akhir, dan (3) Sawmill Rakyat – Industri Lampung Utara – Konsumen Akhir, sedangkan PK Lancar memiliki 3(tiga) saluran pemasaran yaitu (1) Sawmill Rakyat – Konsumen Akhir, (2) Sawmill Rakyat – Industri Lampung Utara, dan (3) Sawmill Rakyat – Pedagang Perantara – Konsumen Akhir. 2. Pemasaran kayu gergajian sengon pada PK Cahaya Utama dan PK Lancar telah berjalan dengan efisien.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Kehutanan
Pengguna Deposit: 2208063513 . Digilib
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:26
Terakhir diubah: 22 Nov 2022 04:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67047

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir