KEMAMPUAN ISOLAT BAKTERI TERPILIH DALAM MENGHAMBAT TINGKAT SERANGAN Phytophthora sp. SECARA INPLANTA DAN PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN NANAS (Ananas comosus L.)

Mufti Ali, 1724011016 (2021) KEMAMPUAN ISOLAT BAKTERI TERPILIH DALAM MENGHAMBAT TINGKAT SERANGAN Phytophthora sp. SECARA INPLANTA DAN PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN NANAS (Ananas comosus L.). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Atalah Percetakan.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Atalah Percetakan.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1519Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN - Atalah Percetakan.pdf

Download (1521Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemampuan isolat bakteri terpilih dalam menghambat tingkat serangan Phytophthora sp. secara inplanta dan pemacu pertumbuhan tanaman nanas (Ananas comosus L.). Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kemampuan isolat bakteri terpilih asal ekstrak rimpang nanas dan tandan kosong kelapa sawit dalam menghambat tingkat serangan Phytophthora sp. dan meningkatkan pertumbuhan pada tanaman nanas (Ananas comosus L.). Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Lapang Terpadu dan Laboratorium Ilmu Tanah Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Penelitian berlangsung dari bulan Agustus 2019 sampai dengan Februari 2020. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yaitu 5 perlakuan dan 5 ulangan. Faktor pertama adalah jenis isolat bakteri asal rimpang nanas dan tandan kosong kelapa sawit dan faktor kedua adalah inokulasi jamur Phytophthora sp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi isolat bakteri terpilih asal ekstrak rimpang nanas dan tandan kosong kelapa sawit serta kombinasinya mampu menghambat perkembangan penyakit yang disebabkan oleh Phytophthora sp. dan mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman nanas. Namun, inokulasi Phytophthora sp. tanpa adanya pemberian isolat bakteri terpilih menurunkan performa tanaman nanas.Kata Kunci : Isolat bakteri terpilih, rimpang nanas, tandan kosong kelapa sawit, Phytophthora sp., tanaman nanas.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Magister Agronomi
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 22 Nov 2022 08:49
Terakhir diubah: 22 Nov 2022 08:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67060

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir