PENGARUH APLIKASI BIOCHAR KULIT KAKAO TERHADAP TINGKAT EFISIENSI PUPUK UREA PADA PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PAKCOY (Brassica chinensis L.)

M.DAFFA WAHYU WARDHANA, 1714071061 (2022) PENGARUH APLIKASI BIOCHAR KULIT KAKAO TERHADAP TINGKAT EFISIENSI PUPUK UREA PADA PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PAKCOY (Brassica chinensis L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_M Daffa Wahyu W_Teknik Pertanian_1714071061.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3905Kb)
[img]
Preview
File PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3536Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perbedaan dalam pemberian dosis biochar kulit kakao mempengaruhi efektivitasnya dalam memperbaiki dan menyuburkan tanah. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengamati pengaruh kombinasi dosis biochar kulit kakao dengan dosis pupuk urea terhadap pertumbuhan tanaman sawi pakcoy. penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tinkat efisiensi penggunaan pupuk urea setelah penambahan biochar kulit kakao terhadap pertumbuhan sawi pakcoy (Brassica chinensis L) (2) mengetahui pengaruh interaksi penggunaan biochar kulit kakao dan pupuk urea terhadap pertumbuhan tanaman sawi (Brassica chinensis L) dan (3) mengetahui dosis biochar kulit kakao yang tepat untuk pertumbuhan tanaman sawi pakcoy (Brassica chinensis L). Penelitian ini dirancang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor dosis biochar kulit kakao dan faktor dosis pupuk urea, masing-masing terdiri dari 4 taraf dengan 3 kali ulangan sehinggal diperoleh 48 sampel percobaan. Dengan variabel pengamatan meliputi karakteristik tanah yang terdiri dari sifat kimia tanah yaitu pH tanah, karakteristik biochar yang terdiri dari kadar abu (%), kadar air (%), dan pH, pertumbuhan tanaman yang terdiri dari tinggi tanaman (cm), lebar daun (cm), jumlah daun (helai), luas kanopi (cm2), warna daun, konsumsi air (gr), bobot segar tanaman (gr), bobot brangkasan atas segar (gr), bobot brangkasan bawah segar (gr), bobot brangkasan atas kering (gr), bobot brangkasan bawah kering (gr), produktivitas air (kg/m3), dan produktivitas pupuk (gr/gr). Pemberian dosis biochar menunjukkan pengaruh nyata terhadap seluruh parameter pengamatan. Sedangkan dosis pupuk urea hanya menunjukkan pengaruh nyata di beberapa variabel pengamatan seperti tinggi tanaman, jumlah daun, warna daun, lebar daun, luas kanopi, produktivitas air, produktivitas pupuk, bobot segar, bobot brangkasan atas segar, bobot brangkasan bawah segar, bobot brangkasan atas kering dan bobot brangkasan bawah kering. Interaksi terhadap faktor dosis biochar kulit kakao dengan dosis pupuk urea yang paling optimal adalah biochar dengan dosis 46,49 ton/ha atau 62 g/tanaman dengan dosis pupuk urea 1,02 ton/ha atau 1,40 g/tanaman. Kata Kunci : Biochar, kulit kakao, dosis, pakcoy, urea.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknik Pertanian
Pengguna Deposit: 2208852854 . Digilib
Date Deposited: 22 Nov 2022 08:19
Terakhir diubah: 22 Nov 2022 08:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67061

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir