PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR

ASTUTI ARYANINGSIH , 1923053015 (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4081Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3119Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Menulis adalah keterampilan yang diperlukan, terutama bagi siswa sekolah dasar, karena tidak dapat diperoleh secara alami. Namun, banyak peserta didik di sekolah dasar masih perlu berupaya lebih optimal untuk meningkatkan keterampilan menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul tematik berbasis masalah dengan tema "Kayanya Negeriku" dan menyelidiki kelayakan bahan ajar modul ini untuk membantu peserta didik di sekolah dasar dalam meningkatkan keterampilan menulis. Peserta didik kelas IV dari dua sekolah dasar di pedesaan Lampung menjadi partisipan dalam penelitian ini, yang menggunakan desain penelitian dan pengembangan berdasarkan model Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Temuan menunjukkan bahwa siswa kelas empat menemukan modul pembelajaran berbasis masalah menjadi "sangat menarik". Rata-rata pretest kelas eksperimen untuk menulis adalah 68,43, sedangkan rata-rata posttest adalah 86,50. Di kelas kontrol, rata-rata nilai pre-test adalah 61,83, dan rata-rata skor post-test adalah 78,16. Oleh karena itu, rata-rata nilai post-test di kelas eksperimen lebih tinggi daripada di kelas kontrol. Implikasi dan saran untuk penyelidikan lebih lanjut perlu dilakukan. Kata kunci: Pengembangan Modul Problem Based Learning, Keterampilan Menulis Peserta Didik . Writing is a necessary skill, especially for elementary school students, as it cannot be naturally gained. However, students in elementary schools, struggle to learn how to write. Therefore, the purpose of this study was to develop a thematic module based on problem-based learning with the theme "Kayanya Negeriku" and investigate the feasibility of the teaching materials for this module to help elementary school students with their writing. Fourth-grade students from two elementary schools in rural areas in Lampung were the participants in this study, which used a research and development design based on the Borg and Gall's model. Data were collected using observation and a questionnaire. The collected data were analyzed descriptively. The findings indicate that the fourth-grade students found the problembased learning module to be "extremely intriguing". The experimental class's pretest average for writing was 68.43, while the posttest average was 86.50. In the control class, the average pre-test score was 61.83, and the average post-test score was 78.16. Therefore, the average post-test score was higher in the experimental class than it was in the control class. The implications and suggestions for further investigation are also highlighted. Keywords: The Development of Problem Based Learning Module, Writing Skills for Elementary School

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2208038812 . Digilib
Date Deposited: 22 Nov 2022 08:29
Terakhir diubah: 22 Nov 2022 08:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67063

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir