ANNISA AYU ADELLYA PUTRI, 1513054044 (2022) PENGARUH STIMULASI ORANG TUA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (5Mb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berbicara anak yang belum optimal dan stimulasi orang tua yang belum maksimal padahal stimulasi orang tua memiliki peran penting dalam perkembangan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode es post facto. Responden dalam penelitian ini berjumlah 105 anak dan orang tua. Teknik pengumpulan data berupa instrumen penelitian angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulasi orang tua pada indikator mengajak bicara anak, melontarkan pertanyaan terbuka, membacakan buku atau mendongeng, menyanyikan lagu, membetulkan ucapan anak, memperkenalkan kata-kata baru kepada anak dan mengembangkan kata yang diucapkan anak selalu dilakukan oleh orang tua kepada anak. Keterampilan berbicara pada indikator aspek kebahasaan dan non kebahasaan menunjukkan bahwa anak anak usia 5-6 tahun memiliki keterampilan yang baik dalam berbicara. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa stimulasi orang tua berpengaruh signifikan terhadap keterampilan bicara pada anak usia 5-6 tahun (Fhit; 20,820>Ftabel;3,07) artinya semakin baik stimulasi orang tua, maka akan meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun. Kata kunci : anak usia 5-6 tahun, keterampilan berbicara, stimulasi orang tua The problem of this research is motivated by children's speaking skills and parental stimulation are still maximized, even though parental stimulation has an important role in development. The research approach used is quantitative with the post facto method. Respondents in this study amounted to 105 children and their parents. The data collection technique was in the form of a questionnaire research instrument. The results showed thatparental stimulation on the m . indicatortalking to children, asking open-ended questions, reading books or storytelling, singing songs, correcting children's speech, introducing new words to children and developing the words spoken by childrenparents always do to their children.KSpeaking skills on indicators of linguistic and non-linguistic aspects indicate that children aged 5-6 years have good speaking skills. The results hypothesis test show that parental stimulation has a significant effect on speaking skills of children aged 5-6 years (Fcal; 20,820>Ftable;3,07) meaning the better stimulation of parents, it will improve the speaking skills of children aged 5-6 years. Keywords: children aged 5-6 years, speaking skills, parental stimulation
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Anak Usia Dini |
Pengguna Deposit: | 2208177559 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 06:35 |
Terakhir diubah: | 23 Nov 2022 06:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67095 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |