PENGARUH PERLAKUAN BENIH DENGAN KOMBINASI FUNGSIDA METALAKSIL DAN Trichoderma sp. UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT BULAI (Peronosclerospora sp.) DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.)

Helmi Dedy Kurniawan , 1654121016 (2022) PENGARUH PERLAKUAN BENIH DENGAN KOMBINASI FUNGSIDA METALAKSIL DAN Trichoderma sp. UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT BULAI (Peronosclerospora sp.) DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.). FAKULTAS PRTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRAK.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (798Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (717Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Jamur Peronosclerospora sp. merupakan patogen penyebab penyakit penting pada tanaman jagung. Pengendalian penyakit bulai umumnya masih menggunakan pestisida berbahan aktif metalaksil yang diduga efektif mengendalikan penyakit bulai pada tanaman jagung. Namun di samping itu, agensia hayati mulai banyak dikembangkan sebagai alternatif pengendalian penyakit bulai pada tanaman jagung, satu diantaranya adalah jamur Trichoderma sp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan masing masing perlakuan dan kombinasi fungisida metalaksil dan Trichoderma sp. dalam menekan penyakit bulai dan meningkatkan pertumbuhan tanaman jagung. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan dua faktor (faktorial). Faktor pertama yaitu tanpa metalaksil (F0), metalaksil konsentrasi 0,8 ml/l(F1), dan metalaksil konsentrasi 1 ml/l(F2). Faktor kedua yaitu tanpa Trichoderma (T0), kerapatan Trichoderma 106 (T1), kerapatan Trichoderma 108 (T2), dan kerapatan Trichoderma 109 (T3). Dengan demikian, perlakuan terdiri dari 12 perlakuan dan 3 ulangan, sehingga didapatkan 36 satuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan fungisida metalaksil efektif menekan intensitas penyakit bulai dan meningkatkan pertumbuhan tanaman jagung. Sedangkan pada perlakuan Trichoderma sp. dan kombinasi ke 2 faktor tidak mampu menekan intensitas penyakit bulai dan tidak mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman jagung. Kata kunci: Bulai, fungisida metalaksil, Trichodema sp., Peronosclerospora sp.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 2208943721 . Digilib
Date Deposited: 23 Nov 2022 07:54
Terakhir diubah: 23 Nov 2022 07:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67101

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir