Joshua Brandon , 1646031020 (2022) PENGARUH TAYANGAN “SEMUA TENTANG VAKSINASI COVID-19” PADA AKUN YOUTUBE KEMENTRIAN KESEHATAN RI TERHADAP RESPON VAKSINASI COVID-19 (Studi Kasus pada Kelompok Generasi Z Di Kota Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (230Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3020Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2733Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pada saat ini media sosial YouTube sedang hangat-hangatnya memberitakan tentang kasus Covid-19 yang sedang meningkat. YouTube dalam kegunaannya sebagai pemberi informasi kepada khalayak memiliki kelebihan dibandingkan media massa lainnya. Kelebihan pada media sosial YouTube ialah fiturnya yang simple dan akses video yang mudah. Hal itu membuat YouTube banyak digunakan masyarakat demi pemenuhan informasi terkhusus dimasa pandemi. Sekarang penyaluran berita juga tidak hanya melalui artikel namun bisa juga berbentuk video yang dapat diakses di YouTube. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti berpendapat bahwa penelitian ini penting dilakukan di tengah maraknya pandemi. Vaksinasi atau imunisasi merupakan prosedur pemberian suatu antigen penyakit,biasanya berupa virus atau bakteri yang dilemahkan atau sudah mati, bisa juga hanya bagian dari virus atau bakteri. Tujuannya adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut. Apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata di suatu daerah maka akan terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity). Penelitian ini betujuan untuk tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat terhadap respon Generasi Z (kelompok remaja) dalam melakukan vaksinasi di Kota Bandar Lampung dan menurunkan angka kesakitan, kematian akibat Covid-19 di Kota Bandar Lampung, mendorong herd immunity, meminimalkan dampak ekonomi sosial dan melindungi lintas kelompok usia tertentu sebagai upaya membatasi penularan pada kelompok lainnya. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Dari hasil analisis yang diberikan kepada sejumlah responden dengan metode teknik non probability sampling. Maka didapatkan didapatkan nilai T hitung 15.411 > T tabel 1,290250. T tabel. T hitung bernilai lebih besar dari nilai T tabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya Tayangan “Semua Tentang Vaksinasi Covid-19” Pada Akun Youtube Kementrian Kesehatan RI Efektif dalam Mengetahui Respon generasi Z diterima. Hasil bahwa pengaruh tayangan “Semua Tentang Vaksinasi Covid-19” pada generasi Z di Kota Bandar Lampung sebesar 70,8%. Maka dapat diketahui dan disimpulkan bahwa terdapat hubungan atau pengaruh dari variabel efektivitas tayangan (X) terhadap respon (Y) dalam melakukan vaksinasi Covid-19. Kata Kunci : YouTube, Generasi Z, Vaksinasi, Covid-19. At this time, YouTube social media is hotly reporting the increasing Covid-19 cases. YouTube in its use as a provider of information to the public has advantages over other mass media. The advantages of YouTube social media are its simple features and easy video access. This makes YouTube widely used by the public for the fulfillment of information, especially during the pandemic. Now the distribution of news is also not only through articles but can also be in the form of videos that can be accessed on YouTube. Based on this phenomenon, the researcher believes that this research is important amid a pandemic. Vaccination or immunization is a procedure for giving a disease antigen, usually in the form of a weakened or dead virus or bacteria, it can also be just part of a virus or bacteria. The goal is to make the immune system recognize and be able to fight when exposed to the disease. If vaccination coverage is high and evenly distributed in an area, herd immunity will be formed. This study aims for this study to determine the level of response of Generation Z (adolescent groups) in vaccinating in Bandar Lampung City and reducing morbidity, and mortality due to Covid-19 in Bandar Lampung City, encouraging herd immunity, minimizing social and economic impacts. protect across certain age groups to limit transmission to other groups. The type of research used is quantitative research. The research population in this study amounted to 100 respondents. The results of the analysis were given to several respondents with a non-probability sampling technique method. Then it is obtained that the value of T count is 15,411 > T table 1.290250. T table. The calculated T is greater than the T table value, so H0 is rejected and Ha is accepted, which means that the "All About Covid-19 Vaccination" Show on the Youtube Account of the Indonesian Ministry of Health is Effective in Knowing Generation Z's Response is accepted. The results show that the effect of "All About Covid-19 Vaccination" on Generation Z in Bandar Lampung City is 70.8%. So it can be seen and concluded that there is a relationship or influence of the effectiveness variable of impressions (X) on the response (Y) in vaccinating against Covid-19. Keywords: YouTube, Generation Z, Vaccination, Covid-19.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | 2208414967 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 00:54 |
Terakhir diubah: | 24 Nov 2022 00:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67108 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |