ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING PADA PERUSAHAAN PDAM WAY RILAU BANDAR LAMPUNG

Reza gama prasadana, 1816051039 (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING PADA PERUSAHAAN PDAM WAY RILAU BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Relationship Marketing merupakan model bisnis dengan tujuan mengidentifikasi, mengantisipasi, memahami kebutuhan pelanggan dengan menerapkan dimensi kepercayaan (trust), komitmen (commitment), komunikasi (communication), dan penanganan masalah (conflict handle). Di Perusahaan PDAM Way Rilau bandar Lampung, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk strategi relatonship marketing dan untuk mengetahui seberapa efektifknya strategi ini dalam menangani keluhan yang ada. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepercayaan (trust), komitmen (commitment), komunikasi (communication), dan penanganan masalah (conflict handle) sudah dibuat dengan baik dengan persebaran informasi yang sudah cukup merata, Akan tetapi, meskipun strategi yang diberikan PDAM sudah baik, strategi ini belum bisa dikatakan berhasil dikarenakan belum meratanya perlakuan yang diberikan perusahaan, masih saja ada konsumen yang merasa belum dipuaskan dengan pelayanan yang diberikan, meskipun begitu perusahaan berusaha semaksimal mungkin untuk membantunya dengan cara memindahkan instalasi air konsumen ke sumber bendungan yang lebih baik dengan begitu semua konsumen yang belum merasa mendapatkan kualitas produk yang baik akan merasakannya juga sama seperti konsumen yang lain. Kata Kunci: Relationship Marketing, Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Penanganan Masalah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: 2208999693 . Digilib
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:29
Terakhir diubah: 25 Nov 2022 03:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67138

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir