PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN EKOSISTEM TERHADAP RESPONSIBILITY SISWA KELAS X PADA KAWASAN KONSERVASI TAHURA WAN ABDUL RACHMAN

Jihan Salma Nabila, 1813024048 (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN EKOSISTEM TERHADAP RESPONSIBILITY SISWA KELAS X PADA KAWASAN KONSERVASI TAHURA WAN ABDUL RACHMAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2846Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2657Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning berbantuan video pembelajaran ekosistem terhadap responsibility siswa kelas X pada kawasan Tahura Wan Abdul Rachman. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMA Negeri 1 Padang Cermin. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pretest-posttest non ekuivalen. Sampel penelitiannya yaitu siswa kelas X MIPA 3 yang berjumlah 35 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 1 yang berjumlah 32 orang sebagai kelompok kontrol, diambil dengan teknik random sampling. Data sikap responsibility siswa diperoleh melalui angket dengan skala likert, yang hasilnya dianalisis dengan uji One-Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penerapan model discovery learning berbantuan video pembelajaran ekosistem terhadap responsibility siswa pada kawasan Tahura Wan Abdul Rachman pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai sig 0,004 < 0,05. Selain itu, dimensi sikap responsibility yang paling dikuasai oleh siswa yaitu dimensi tindakan aksi (36,93%) dan dimensi pengetahuan pada materi ekosistem yang paling dikuasai oleh siswa yaitu dimensi konseptual (44,89%).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2208484689 . Digilib
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:37
Terakhir diubah: 25 Nov 2022 03:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67141

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir