ANALISIS POLA KOMUNIKASI TERHADAP ADAPTASI BAHASA TRANSMIGRAN JAWA DAN PRIBUMI LAMPUNG (Studi pada Dusun Bayur, Kec. Balik Bukit, Kab. Lampung Barat)

Anisa Yusri Eliyanti, 1816031036 (2022) ANALISIS POLA KOMUNIKASI TERHADAP ADAPTASI BAHASA TRANSMIGRAN JAWA DAN PRIBUMI LAMPUNG (Studi pada Dusun Bayur, Kec. Balik Bukit, Kab. Lampung Barat). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (974Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (825Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Indonesia.merupakan negara multikultural dengan beragam budaya dan etnik yang berbeda. Keberagaman budaya yang ada di Indonesia menjadikan bahasa sebagai identitas suatu etnik berbeda pula. Ketika melakukan perpindahan ke lingkungan baru tentunya dibutuhkan adaptasi terkhusus adaptasi bahasa untuk memudakan pendatang dan warga lokal dalam melakukan interaksi seperti yang terjadi di Dusun Bayur, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat. Tujuan penelitian ini sendiri yaitu untuk menganalisis bagaimana proses adaptasi yang terjadi antara transmigrant etnik Jawa dan pribumi Lampung juga menganalisis pola komunikasi yang terjadi dalam proses adaptasi bahasa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini berjumlah lima orang yang merupakan Pemangku adat, dua orang warga etnik Lampung dan dua orang transmigran etnik Jawa. Teori yang digunakan adalah kode bicara (Speech Code). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adaptasi yang terjadi antara transmigran etnik Jawa dan pribumi etnik Lampung adalah hibriditas budaya atau percampuran budaya terkhusus segi bahasa dan pola komunikasi yang terjadi dalam proses adaptasi bahasa adalah pola komunikasi sirkular. Kata kunci : Komunikasi Antarbudaya, Bahasa, Adaptasi, Pola Komunikasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2208300117 . Digilib
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:13
Terakhir diubah: 25 Nov 2022 07:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67155

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir