PENGGUNAAN LAYANAN INFORMASI KARIR TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 GADINGREJO

OKTAVIANI , ERI (2022) PENGGUNAAN LAYANAN INFORMASI KARIR TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 GADINGREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2871Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2870Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman tentang karir yang dialami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan layanan informasi karir teknik diskusi terhadap perencanaan karir pada siswa kelas IX-B SMP N 4 Gadingrejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperiment dan desain yang digunakan yaitu one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas IX SM Negeri 4 Gadingrejo yang berjumlah 112 dengan jumlah sampel 25, dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel (17.645 > 2,069) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan layanan informasi karir teknik diskusi dapat meningkatkan perencanaan karir siswa kelas IX-B SMP N 4 Gadingrejo. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi bagi guru bimbingan dan konseling dalam upaya meningkatkan perencanaan karir siswa melalui layanan bimbingan karir dengan teknik diskusi. Kata kunci: layanan informasi karir, teknik diskusi, perencanaan karir The problem in this research is the lack of understanding of the career experienced by students. This study aims to determine the effect of the use of career information services discussion techniques to improve the career planning of ninth-grade students at SMP Negeri 4 Gadingrejo. Quasi-experimental design was used in this quantitative research, using one group pre-test and post-test design. The population of this study was 112 students from Ninth-grade students at SMP Negeri 4 Gadingrejo, the researcher's sample was 25 students, and the sampling technique used was purposive sampling. The results obtained showed that the t-value was higher than the t-table (17.645 > 2.069) then Ho is rejected and Ha is accepted. Thus, it can be concluded that using the career information services discussion technique can improve the career planning of ninth-grade student B at SMP N 4 Gadingrejo. The results of this study can be used as information for guidance and counseling teachers to improve students' career planning through career guidance services with discussion techniques. Key word : career information service, discussion technique, career planning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2208607635 . Digilib
Date Deposited: 30 Nov 2022 07:52
Terakhir diubah: 30 Nov 2022 07:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67264

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir