JENIS, PREVALENSI, DAN TINGKAT SERANGAN EKTOPARASIT PADA IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) DI PEMANCINGAN RAKYAT IKAN LELE DAERAH RAJABASA JAYA, BANDAR LAMPUNG

Rizky Baninta Ekaputri, 1817021038 (2022) JENIS, PREVALENSI, DAN TINGKAT SERANGAN EKTOPARASIT PADA IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) DI PEMANCINGAN RAKYAT IKAN LELE DAERAH RAJABASA JAYA, BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRAK.pdf

Download (193Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1110Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (972Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ikan lele (Clarias gariepinus) merupakan ikan yang dibudidayakan untuk dikonsumsi oleh manusia. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan atau tidaknya budidaya ikan salah satunya adalah ada atau tidak infeksi parasit pada ikan budidaya. Ancaman serangan parasit yang dapat menyerang ikan dapat dilihat dari perubahan perilaku makan ikan yang semakin lama akan semakin kekurangan nafsu makan, perilaku aktivitas hariannya yang semakin hari semakin lemas, dan akhirnya dapat berujung pada kematian ikan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis, prevalensi, dan tingkat serangan ektoparasit pada ikan lele dumbo di kolam pemancingan daerah Rajabasa Jaya, Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengerokan lendir dan pewarnaan ektoparasit pada bagian luar tubuh ikan, identifikasi ektoparasit yang ditemukan, perhitungan prevalensi menggunakan rumus prevalensi menurut Kabata (1985), dan menentukan tingkat serangan infeksi parasit. Hasil penelitian menunjukkan ditemukan dua jenis ektoparasit yaitu Dactylogyrus sp. dengan prevalensi tertinggi 100% (tingkat serangan selalu), sedangkan Gyrodactylus sp. dengan prevalensi tertinggi 80%. (tingkatan serangan umumnya) dan terdapat korelasi negatif sangat kuat antara prevalensi seragan kedua ektoparasit dengan pH dan korelasi positif sangat kuat antara prevalensi serangan kedua parasit dengan kadar amoniak. Kata kunci : Clarias gariepinus, Dactylogyrus sp., Gyrodactylus sp., tingkat serangan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2208438113 . Digilib
Date Deposited: 01 Dec 2022 00:51
Terakhir diubah: 01 Dec 2022 00:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67272

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir