PENGGUNAAN ALAT PERAGA REALIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SDN 2 GUNUNG TERANG

, ISNAINI (2011) PENGGUNAAN ALAT PERAGA REALIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SDN 2 GUNUNG TERANG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf - Published Version

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (45Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (211Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (153Kb) | Preview

Abstrak

Hasil belajar IPA pada kelas IV SD Negeri 2 Gunung Terang, Bandar Lampung cukup rendah yaitu rata-rata dibawah 60. Minat belajar siswa terhadap pelajaran IPA juga rendah. Siswa pasif, statis, dan rendah partisipasinya dalam proses belajar- mengajar. Proses pembelajaran yang berlangsung belum menggunakan alat peraga dan berpusat pada guru. Hal ini menunjukkan perlua adanya perbaikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA, di kelas IV SDN 2 Gunung Terang Bandar Lampung dengan penggunaan alat peraga realia. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah melaui tahapan-tahapan atau siklus. Tiap siklus meliputi tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahapan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan alat peraga realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Nilai rata-rata siswa selama pembelajaran dari siklus I sebesar 62,78, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 71,11, dan pada siklus III menjadi 75,93. Pada akhir siklus semua siswa (100%) berhasil mencapai nilai ketuntasan yang telah ditentukan. Kata kunci: alat peraga realia, hasil belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 23 Jan 2014 04:27
Last Modified: 23 Jan 2014 04:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item View Item