PELAKSANAAN HAK INISIATIF ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM USULAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH PENYELENGGARAAN SISTEM DRAINASE

Andi Natanael Marusaha, 1816021050 (2022) PELAKSANAAN HAK INISIATIF ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM USULAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH PENYELENGGARAAN SISTEM DRAINASE. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2725Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2234Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembentukan peraturan daerah hasil usulan inisiatif anggota DPRD Kota Bandar Lampung tahun 2021 berjumlah enam raperda, salah satunya mengenai sistem drainase. Komisi III DPRD Kota Bandar Lampung mengusulkan raperda tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase karena kurangnya pengelolaan drainase di Bandar Lampung. Permasalahan banjir dan genangan yang sering terjadi di Bandar Lampung melatarbelakangi usulan raperda ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses berlangsungnya pelaksanaan pembentukan peraturan daerah hasil inisiatif anggota DPRD Kota Bandar Lampung. Teori yang digunakan adalah Analisis Kebijakan Prospektif oleh Dunn dalam Edi Suharto (2020). Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk hasil penelitian ini yakni proses pelaksanaan pembentukan peraturan daerah Penyelenggaraan Sistem Draianse melalui hak inisiatif anggota DPRD Kota Bandar Lampung terlaksana dengan baik walaupun ketika penelitian ini berlangsung, prosesnya belum selesai. Rekomendasi kebijakan yang dikeluarkan sesuai dengan harapan walaupun belum dapat diimplementasikan karena belum diundangkan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) > 328 Proses legislatif, parlemen
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 2208304707 . Digilib
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:25
Terakhir diubah: 05 Dec 2022 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67316

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir