PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Meilinda Anjarsari, 1923053011 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis konstektual yang valid, praktis serta efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan merujuk pada teori R&D Borg and Gall. Populasi penelitian ini adalah sekolah yang berada di Gugus Ahmad Yani Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 2 Giriklopomulyo. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan deskriptif presentase untuk validasi ahli dan praktisi, dan analisis kuantitatif dengan program rasch untuk validitas dan reliabilitas serta program SPSS untuk menguji efektivitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis konstektual yang dikembangkan valid dan praktis digunakan berdasarkan hasil validasi ahli serta hasil angket respon pendidik dan peserta didik. Hasil uji N-Gain dan paired sample t-test memperoleh nilai signifikan <0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahan ajar berbasis konstektual efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Kata kunci: Bahan Ajar, Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Tematik, Berpikir Kritis. This reseach and development aims contextual-based teaching materials that are valid, practical and effective in improving students' critical thinking skills fifth grade elementary school students. Type of research and development used refers to the theory of R&D Borg and Gall. The population of this research is schools located in the Ahmad Yani Cluster, Sekampung District, East Lampung Regency. The sample of this research is the fifth grade students of SDN 2 Giriklopomulyo. Data collection techniques in the form of documentation, questionnaires and tests. Data analysis used qualitative analysis with descriptive percentage for expert and practitioner validation, and quantitative analysis with Rasch program for validity and reliability and SPSS program to test effectiveness. The results of this study indicate that the contextual-based teaching materials that were developed are valid and practical to use based on the results of expert validation and the results of the questionnaire responses of educators and students. The results of the N-Gain test and paired sample t-test obtained a significant value <0.05. These results show that contextual-based teaching materials are effective in improving the critical thinking skills of fifth grade elementary school students. Keywords: Teaching Materials, Contextual Approach, Thematic Learning, Critical Thinking.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2208159450 . Digilib
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:14
Terakhir diubah: 06 Dec 2022 01:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67340

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir