PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Mela Handayani , 1923053022 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

penilaian dalam kurikulum saat ini menekankan pada kompetensi sikap, namun masih banyak pendidik yang belum melaksanakan penilaian ranah afektif. Padahal kondisi afektif peserta didik menentukan keberhasilan pembelajaran pada ranah kognitif dan psikomotor, maka penting melakukan penilaian untuk mengukur perubahan tingkah laku peserta didik terhadap pembelajaran. Pengembangan instrumen ini didasarkan pada instrumen sikap yang sudah ada namun hanya fokus pada sikap percaya diri. Instrumen ini dapat digunakan untuk menilai tingkat kepercayaan diri peserta didik di sekolah dasar pada indikator kemampuan diri, bertanggung jawab, dan kemampuan berkomunikasi dengan berbasis Pendidikan karakter. Penelitian ini menyajikan analisis produk yang dikembangkan dari kelayakan teoretis dan kepraktisan, analisis validitas dan reliabilitas, serta efektifitas dari produk yang dikembangkan. Penelitian ini juga melaporkan analisis awal terhadap 8 pendidik di 4 sekolah dasar dengan subjek penelitian pada 33 peserta didik. Berdasarkan analisis yang muncul dari penelitian ini menunjukan bahwa kepercayaan diri peserta didik dipengaruhi oleh faktor-faktor pendukung dalam kegiatan pembelajaran. Kepercayaan diri yang dimiliki peserta didik juga memiliki implikasi positif terhadap sikap sosial lainnya. Kata Kunci : Instrumen penilaian sikap, percaya diri, pendidikan karakter assessment in the current curriculum emphasizes attitude competence, but there are still many educators who have not carried out an affective realm assessment. Even though the affective condition of students determines the success of learning in the cognitive and psychomotor realms, it is important to conduct an assessment to measure changes in student behavior towards learning. The development of this instrument is based on an existing attitude instrument but only focuses on a confident attitude. This instrument can be used to assess the confidence level of learners in elementary school on indicators of self-ability, responsibility, and communication ability with character education-based. This research presents product analysis developed from theoretical feasibility and practicality, validity and reliability analysis, and effectiveness of the product being developed. The study also reported a preliminary analysis of 8 educators in 4 primary schools with research subjects on 33 students. Based on the analysis that emerged from this study, it shows that the self-confidence of students is influenced by supporting factors in learning activities. The self-confidence that students have also has positive implications for other social attitudes. Keywords : Instruments of assessment of attitudes , self-confidence, character education

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2208033277 . Digilib
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:17
Terakhir diubah: 06 Dec 2022 01:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67341

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir