PENGARUH PEMANFAATAN KOMIK DIGITAL TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMP NEGERI 10 METRO

PRATAMA, MUHAMMAD (2022) PENGARUH PEMANFAATAN KOMIK DIGITAL TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMP NEGERI 10 METRO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRAK.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (949Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (830Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan media pembelajaran menggunakan komik digital terhadap literasi sains peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMP Negeri 10 Metro. Dalam penelitian ini digunakan desain Pretest-Posttest Kontrol Group Design. Desain penelitian ini melibatkan dua kelompok kelas yaitu kelompok kelas VII C sebagai kelompok kontrol dan kelas VII E sebagai kelompok eksperimen yang dipilih secara random. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Mean atau peningkatan rata-rata hasil tes peserta didik, pada kelas Eksperimen mendapatkan peningkatan sebesar 6.52, sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan peningkatan sebesar 2.72. Hasil pengisian angket peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 93.1%, yang menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media komik digital dapat diterima dengan baik oleh peserta didik, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam pemanfaatan komik digital terhadap literasi sains peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMP Negeri 10 Metro. Kata Kunci : Komik Digital, Klasifikasi Makhluk Hidup, Literasi Sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2208345953 . Digilib
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:22
Terakhir diubah: 06 Dec 2022 02:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67364

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir