PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA KELAS X

Nurmaidah, 1813034023 (2022) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA KELAS X. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3211Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2882Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Problem based learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan pendekatan berbasis masalah sehingga siswa dapat menyusun pengetahuannya sendiri dan dapat menumbuhkembangkan keterampilannya. Selanjutnya, kemandirian belajar berarti sikap siswa dalam mewujudkan kehendak atau keinginannya secara nyata dengan tidak bergantung kepada orang lain. Kemandirian belajar di sekolah berkaitan dengan kegiatan di sekolah antara lain siswa mampu melakukan belajar sendiri dan mampu melaksanakan tugas dengan baik. Hal tersebut menjadi sangat penting dalam pengaplikasiannya dalam proses pendidikan terutama akan sejalan dengan fungsi pendidikan yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh problem based learning terhadap kemandirian belajar siswa kelas X di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Total populasi dalam penelitian ini sebanyak 132 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis simple random sampling yaitu sebanyak 67 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa menggunakan angket berbentuk pertanyaan dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh problem based learning terhadap kemandirian belajar siswa kelas X di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t hitung> t tabel atau setara dengan nilai 3,829 > 0,6783 dengan nilai determinasi sebesar 0,184 atau 18,4%, yang artinya kemandirian belajar dipengaruhi oleh model pembelajaran problem based learning. Kata kunci: Pendidikan, problem based learning, kemandirian belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2208167049 . Digilib
Date Deposited: 08 Dec 2022 07:37
Terakhir diubah: 08 Dec 2022 07:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67428

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir