SINTESIS DAN KARAKTERISASI SENYAWA KOMPLEKS Co(II)-METHYL ORANGE SERTA APLIKASINYA SEBAGAI SENSITIZER PADA DYE SENSITIZED SOLAR CELL (DSSC)

Atika Nisrina, 1817011059 (2022) SINTESIS DAN KARAKTERISASI SENYAWA KOMPLEKS Co(II)-METHYL ORANGE SERTA APLIKASINYA SEBAGAI SENSITIZER PADA DYE SENSITIZED SOLAR CELL (DSSC). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1449Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1073Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Telah dilakukan sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks kobalt (II) dengan ligan methyl orange untuk diaplikasikan dalam DSSC (Dye Sensitized Solar Cell). Karakterisasi senyawa kompleks hasil sintesis dilakukan dengan penentuan rendemen hasil sintesis, identifikasi panjang gelombang dari spektrum UV-Vis, identifikasi gugus yang terbentuk menggunakan spektrofotometer infra merah, dan sifat kemagnetannya menggunakan MSB. Sintesis senyawa kompleks dilakukan dengan cara kondensasi refluks menggunakan pelarut etanol, menghasilkan padatan berwarna orange kecoklatan dengan rendemen sebesar 70,4%. Kristal yang diperoleh kemudian di karakterisasi menggunakan spektrofotometer UV-Vis, FTIR dan MSB. Hasil uji spektrofotometer UV-Vis pada hasil sintesis senyawa kompleks Co(II)-methyl orange didapatkan bahwa arah spektrum menunjukkan sifat hipsokromik dengan panjang gelombang sebesar 423 nm. Pada spektrum FTIR senyawa kompleks Co(II)-methyl orange terdapat gugus N=N yang mengalami pergeseran bilangan gelombang dan munculnya spektrum yang panjang melancip pada bilangan gelombang 337,54 cm-1 yang diindikasikan adanya gugus Co-N. Pada pengujian menggunakan alat MSB senyawa kompleks Co(II)-methyl orange bersifat paramagnetik dengan nilai momen magnet sebesar 4,41 BM. Pengaplikasian senyawa kompleks untuk DSSC ini menghasilkan nilai efisiensi (η (%)) sebesar 0,37%. Kata kunci: DSSC, senyawa kompleks, kobalt(II), methyl orange

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Kimia
Pengguna Deposit: 2208506812 . Digilib
Date Deposited: 08 Dec 2022 08:07
Terakhir diubah: 08 Dec 2022 08:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67438

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir