ANALISIS YURIDIS PENYELESAIAN WANPRESTASI PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL DI INDONESIA (Berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Nomor: 07/DSN-MUI/IV/2000)

AKBAR, NABILA (2022) ANALISIS YURIDIS PENYELESAIAN WANPRESTASI PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL DI INDONESIA (Berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Nomor: 07/DSN-MUI/IV/2000). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRAK.pdf

Download (392Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1550Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1408Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keberadaan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) di Indonesia sangat mendukungkegiatan pengembangan perekonomian masyarakat Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, dikarenakan banyak dari mereka berusaha untuk menghindari bank konvensional agar tidak terjebak pada praktik-praktik riba, maka BMT dirasa hadir sebagai bantuan pembiayaan yang komprehensif yang berbasis pada nilai-nilai syariah. Sehingga pada perjalanannya dibutuhkan aturan hukum untuk memenuhi kegiatan masyarakat dalam proses pembiayaan pada BMT di Indonesia yang merujuk pada Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Nomor 7/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan mudharabah. Peraturan ini memiliki fungsi untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan dan masalah dari pihak pengelola dana, agar bertanggung jawab dalam mengelola pembiayaan mudharabah. Wanprestasi pada pembiayaan akad mudharabah tidak dapat dihindari pada setiap dinamika berdirinya BMT di Indonesia. Sehingga ditemukan permasalahan skripsi tentang bagaimana penyelesaian wanprestasi pada pembiayaan mudharabah pada BMT di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh paparan lengkap, rinci dan sistematis mengenai pelaksanaan pembiayaan mudharabah pada BMT di Indonesia serta penyelesaian wanprestasi pembiayaan mudharabah pada BMT di Indonesia. Jenis penelitian penulis ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif. Sebuah penelitian bidang hukum dengan fokus kajian hukum tertulis yang didapat dari berbagai sumber aspek dan peristiwa hukum yang terjadi dengan penelitiannya yang berdasarkan pada aturan perundang-undangan yang berlaku. Hasil dari penelitian ini adalah, penyelesaian wanprestasi pada pembiayaan mudharabah di BMT Indonesia adalah dengan musyawarah mufakat melalui penurunan bagi hasil, pengurangan tunggakan, perpanjangan waktu tunggakan, pengambil alihan aset, penyelesaian melalui Pengadilan Agama atau Badan Arbitrase Syariah Nasional, dan penghapus bukuan. Kata Kunci : Pembiayaan Mudharabah, Wanprestasi, BMT.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 2208960902 . Digilib
Date Deposited: 13 Dec 2022 02:42
Terakhir diubah: 13 Dec 2022 02:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67459

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir