NILAI EDUKATIF TARI BEDAYO TULANG BAWANG DI SANGGAR SENI BUDAYA BESAPEN

Elisa Putri, 1713043027 (2021) NILAI EDUKATIF TARI BEDAYO TULANG BAWANG DI SANGGAR SENI BUDAYA BESAPEN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - Rocket Digital.pdf

Download (3682Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rocket Digital.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3679Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital.pdf

Download (3680Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai edukatif yang terkandung dalam tari Bedayo Tulang Bawang. Sumber data dalam penelitian ini adalah koreografer, tokoh adat dan pelatih sanggar Seni Budaya Besapen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dengan menggunakan langkah-langkah yaitu reduksi data, display data serta pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Bedayo Tulang Bawang saat ini adalah bentuk rekonstruksi dari tarian pemujaan yang dahulu digunakan agar terhindar dari wabah atau penyakit. Pada perkembangannya tarian ini berfungsi sebagai tarian penyambutan dan materi ajar di sekolah sebagai upaya pelestarian tari tradisi. Tari Bedayo Tulang Bawang memiliki nilai-nilai edukatif yang diwariskan melalui elemen gerak, properti, pola lantai dan musik iringan. Nilai religius mengajarkan siswa untuk selalu mengingat keberadaan Tuhan, mensyukuri nikmat Tuhan dan selalu ikhlas dalam setiap aktivitas. Nilai nasionalisme mengajarkan siswa untuk mengapresiasi budaya Lampung, cinta tanah air, disiplin, menghormati keragaman budaya, suku, dan agama, dan selalu menjalin kerja sama dengan siapapun. Nilai sopan santun mengajarkan siswa untuk menghormati dan menghargai orang lain dan mampu bersosialisasi dengan baik. Nilai tanggung jawab mengajarkan siswa bekerja sama menciptakan pertunjukan yang harmonis. Nilai integritas mengajarkan siswa memiliki keselarasan sikap dan perbuatan antara kejujuran, konsistensi, dan keberanian dalam melalukan segala hal. Kata Kunci: Nilai edukatif, Sanggar seni, Tari Bedayo Tulang Bawang.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:51
Terakhir diubah: 12 Dec 2022 03:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67503

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir