PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, KECERDASAN ADVERSITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

METRI SAFITRI, 1713031032 (2021) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, KECERDASAN ADVERSITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ASBTRAK-ABSTRACT - Hayrani 27.pdf

Download (3570Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Hayrani 27.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3567Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Hayrani 27.pdf

Download (3568Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar, kecerdasan adversitas dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif verifikatif dengan metode kuantitatif serta pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Bandar Lampung sejumlah 102 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling yang diperoleh sejumlah 50 siswa. Pengujian hipotesis secara parsial dilakukan melalui uji t dan secara simultan dilakukan melalui uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial maupun simultan dari kesiapan belajar, kecerdasan adversitas dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh Fhitung= 13,440 dan Ftabel= 2,8 yang berarti Fhitung > Ftabel atau 13,440 > 2,8 dengan kadar determinasi sebesar 0,467 yang artinya terdapat pengaruh simultan sebesar 46,7%. Sementara 53,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Kecerdasan Adversitas, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar. The research aimed to determine the influence of learning readiness, adversity quotient, and learning independence on economic learning outcome of students at grade XI majoring Social Science (IPS) in Senior High School State (SMAN) 11 Bandar Lampung. The research was verificative description with quantitative method and used an ex post facto and survey approaches. A number of population were 102 students and were taken 50 samples with using simple random sampling technique. The hypotheses were both partially and simultaneously tested through t test and f test. The research results found that there were positive and significant influences of learning readiness, adversity quotient, and learning independence on economic learning outcome of students at grade XI majoring Social Science (IPS) in Senior High School State (SMAN) 11 Bandar Lampung. According to the data that the value of fcount was 13,440 and ftable was 2,8 which indicated that fcount>ftable or equaled to 13,440 > 2,8 with the determinant rate was 0,467, the simultaneous influence was about 46,7 percent. In other hand, the rest of 53,3 percent was influenced by other factor which were not tested in the research. Key words: Learning Readiness, Adversity Quotient, Learning Independence, learning outcome

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:51
Terakhir diubah: 12 Dec 2022 03:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67504

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir