ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGGINYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH ( Studi Kasus Desa Trimulyo Kecamatan Gedung Surian Kabupaten Lampung Barat Tahun 2017)

JAYANTI, RIA (2022) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGGINYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH ( Studi Kasus Desa Trimulyo Kecamatan Gedung Surian Kabupaten Lampung Barat Tahun 2017). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (194Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1505Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1138Kb) | Preview

Abstrak

Tingginya Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah di Desa Trimulyo Kecamatan Gedung Surian Kabupaten Lampung Barat Tahun 2017 mencapai angka 96,3 %. Adapun Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor apa yang Mempengaruhi Tingginya Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Daerah di Desa Trimulyo Kecamatan Gedung Surian Kabupaten Lampung Barat Tahun 2017. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi Data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik random sampling (acak bebas) karena jumlah populasi pada penelitian ini berjumlah 1897 orang, maka peneliti menetapkan sampel menggunakan rumus Slovin dengan batas toleransi kesalahan (margin of error) 10 %, maka didapat sampel sebanyak 95 orang sebagai sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan pengukuran Instrument Penelitian yaitu Skala Likert. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah analisis statistik deskriptif dan teknik analisis Regresi Linear Sederhana dengan bantuan Software IBM SPSS Version 23. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa faktor tertinggi yang mempengaruhi partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan Kepala Daerah di Desa Trimulyo Kecamatan Gedung Surian Kabupaten Lampung Barat Tahun 2017 adalah faktor kepercayaan terhadap pemerintah dan faktor kesadaran politik. Tingginya faktor kepercayaan terhadap pemerintah dipengaruhi oleh kedekatan emosional masyarakat dan pasangan calon kepala daerah, dan untuk faktor Kesadaran Politik dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan politik masyarakat. Kata Kunci : Pemilihan Kepala Daerah, Partisipasi masyarakat

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 2208850442 . Digilib
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:26
Terakhir diubah: 12 Dec 2022 04:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67516

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir