KESINAMBUNGAN PROGRAM HUTAN KEMASYARAKATAN BERDASARKAN ASPEK EKONOMI EKOLOGI DAN SOSIAL DI KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN BATUTEGI (Studi Kasus : Gapoktan Margo Rukun dan Gapoktan Harapan Sentosa)

TRIA PUSPITA, NINDYA (2022) KESINAMBUNGAN PROGRAM HUTAN KEMASYARAKATAN BERDASARKAN ASPEK EKONOMI EKOLOGI DAN SOSIAL DI KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN BATUTEGI (Studi Kasus : Gapoktan Margo Rukun dan Gapoktan Harapan Sentosa). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSRACT.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3345Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3212Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Skema Perhutanan sosial merupakan salah satu program pemerintah guna pemulihan degradasi hutan akibat perambahan hutan dan salah satunya adalah program hutan kemasyarakatan (HKm). Program ini ditujukan kepada masyarakat setempat dengan jangka waktu 35 tahun. Dibutuhkan indikator ekonomi dan keanekaragaman jenis pohon dari setiap lahan anggota HKm sebagai pedoman untuk keberlanjutan program. Pendapatan sebagai indikator ekonomi, keanekaragaman jenis tanaman sebagai indikator ekologi dan karakteristik responden sebagai indikator sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik responden terhadap pendapatan petani, menganalisis pengaruh pendapatan petani terhadap keanekaragaman jenis tanaman dan menganalisis pengaruh keanekaragaman jenis tanaman terhadap kesinambungan program HKm. Penelitian dilakukan pada Gapoktan Margo Rukun dan Gapoktan Harapan Sentosa, Kesatuan Pengelolaan Hutan Batutegi, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung pada Januari sampai Maret 2022. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner dan pengamatan langsung ke lapangan menggunakan plot ukur klaster plot. Penentuan responden dengan metode purposive sampling sehingga didapatkan responden sebanyak 88 terbagi menjadi 43 petani Margo Rukun dan 45 petani Harapan Sentosa. Data yang didapatkan menggunakan kuesioner dianalisis menggunakan software SPSS, sedangkan keanekaragaman jenis tanaman di analisis menggunakan rumum Shannon Winner. Hasil penelitian menunjukkan pendapatan petani HKm dipengaruhi secara nyata oleh (Variabel lama tingggal sekitar kawasan hutan (0,009), Pendidikan SMA (0,010), dan pekerjaan utama (0,010), jarak dari rumahke pusat desa (0,012), jarak dari rumah ke pasar (0,015), luas lahan HKm (0,015) dan ternak kambing (0,006). Pendapatan secara nyata mempengaruhi keanekaragaman jenis tanaman (0,024). Kesinambungan program HKm mempengaruhi keanekaragaman jenis tanaman (0,004). Kata kunci: Keanekaragaman jenis tanaman, kesinambungan, pendapatan, program HKm.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Magister Ilmu Kehutanan
Pengguna Deposit: 2208786238 . Digilib
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:09
Terakhir diubah: 13 Dec 2022 04:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67568

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir