PERSPEKTIF DAN HAMBATAN GURU DALAM IMPLEMENTASI COMPREHENSIVE SEXUALITY EDUCATION (CSE) PADA PROGRAM SEMANGAT DUNIA REMAJA (SETARA) DI KALANGAN SISWA SMP KOTA BANDAR LAMPUNG

WINDI WILANTIKA, 1816011069 (2022) PERSPEKTIF DAN HAMBATAN GURU DALAM IMPLEMENTASI COMPREHENSIVE SEXUALITY EDUCATION (CSE) PADA PROGRAM SEMANGAT DUNIA REMAJA (SETARA) DI KALANGAN SISWA SMP KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (254Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1209Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (957Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Comprehensive Sexuality Education (CSE) pada remaja di sekolah mengalami berbagai tantangan dalam implementasinya. Guru sebagai fasilitator CSE untuk siswa memiliki peranan penting dalam mengoptimalkan pelaksanaan CSE di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perspektif guru tentang CSE pada program SETARA (Semangat Dunia Remaja) dan mendeskripsikan hambatan yang dialami guru dalam implementasi CSE pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap 12 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki perspektif yang berbeda dalam memandang makna, materi, dan manfaat dari hadirnya CSE (positif dan negatif). Hambatan dalam implementasi CSE bagi guru yaitu faktor internal meliputi ketidaknyamanan dan keraguan guru, serta bertentangan dengan nilai pribadi, dan faktor eksternal yaitu anggapan tabu masyarakat, ketersediaan waktu, dan kondisi siswa atau kegaduhan kelas. Kata Kunci: CSE, Perspektif Guru, Semangat Dunia Remaja (SETARA)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2208224167 . Digilib
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:23
Terakhir diubah: 13 Dec 2022 04:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67573

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir