EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAMATI DAN MENGKLASIFIKASIKAN

Amalia Riduan, 1813023044 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAMATI DAN MENGKLASIFIKASIKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ASBTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2985Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2448Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan laboratorium virtual untuk meningkatkan keterampilan mengamati dan mengklasifikasikan. Materi yang digunakan yaitu larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 13 Bandarlampung. Sampel yang digunakan pada penelitian yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nGain keterampilan mengamati kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,75 dan 0,56; serta rata-rata n-Gain keterampilan mengklasifikasikan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,65 dan 0,47. Hasil uji-t keterampilan mengamati dan mengklasifikasikan menunjukkan perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan 0,000. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan laboratorim virtual efektif untuk meningkatkan keterampilan mengamati dan mengklasifikasikan peserta didik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: keterampilan mengamati, keterampilan mengklasifikasikan, larutan elektrolit dan non-elektrolit, model pembelajaran inkuiri terbimbing, laboratorium virtual

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2208189660 . Digilib
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:48
Terakhir diubah: 13 Dec 2022 07:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67590

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir