EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN

Aldona Tri Buana Prasetyaningtyas, 1813023036 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3211Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2542Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan laboratorium virtual pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit untuk meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan mengkomunikasikan. Metode dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain non-equivalent pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 13 Bandar Lampung yang berjumlah 165 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 yang berjumlah 66 peserta didik dengan karakteristik yang sama. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data dalam penelitian adalah hasil uji pretes-postes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik parametik yaitu uji independent sample t-test (uji t). Efektifitas model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan laboratorium virtual diukur berdasarkan perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan menyimpulkan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,67 dan 0,51; serta rata-rata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,63 dan 0,47. Hasil uji-t keterampilan menyimpulkan dan mengkomunikasikan menunjukkan perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan 0,000 dan 0,007. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan laboratorium virtual efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan mengkomunikasikan peserta didik. Kata kunci: efektivitas, inkuiri terbimbing, laboratorium virtual, menyimpulkan, mengkomunikasikan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2208031334 . Digilib
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:29
Terakhir diubah: 13 Dec 2022 08:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67600

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir