PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 NATAR

Indri Silvia Fadilla, 1723031032 (2021) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 NATAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Indri Silvia Fadilla.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Indri Silvia Fadilla.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3671Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Indri Silvia Fadilla.pdf

Download (3442Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Natar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional, dengan pendekatan Ex – Post Facto. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Natar yang berjumlah 128 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan regresi linier sederhada dan regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua sebesar 0,051 yang berarti 51% dan minat belajar memiliki koefisien korelasi yaitu sebesar 0,817 yang berarti 81,7% terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMPN 3 Natar dengan nilai alpha kurang dari 0,05 baik secara parsial maupun simultan. Kata kunci: Perhatian Orang Tua, Minat Belajar, Prestasi Belajar The purpose of this study was to determine the effect of students' perceptions of parental attention and interest in learning on social studies learning achievement of class VIII students at SMP Negeri 3 Natar. This research is a correlational quantitative research, with an Ex – Post Facto approach. The population in this study were all students of class VIII SMPN 3 Natar, amounting to 128 people. The sampling technique used proportional random sampling. Data collection techniques using a questionnaire. Data analysis used simple linear regression and multiple linear regression. The results showed that there was an influence of students' perceptions of parental attention of 0.051 which means 51% and interest in learning has a correlation coefficient of 0.817 which means 81.7% on social studies learning achievement of class VIII students at SMPN 3 Natar with an alpha value of less than 0. .05 either partially or simultaneously. Keywords: Parents' Attention, Learning Interest, Learning Achievement

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: Firlia Hidayah
Date Deposited: 16 Dec 2022 04:14
Terakhir diubah: 16 Dec 2022 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67727

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir