PERANCANGAN LEARNING RESOURCE CENTER DI BANDAR LAMPUNG

Ramadhani, Fathiyah (2022) PERANCANGAN LEARNING RESOURCE CENTER DI BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS TEKNIK, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img] File PDF
SKIRPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (10Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3884Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Menurut World’s Most Literate Nations Ranked yang dilakukan Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 menyebutkan bahwa Negara Indonesia berada pada urutan kedua dari bawah (ke-60 dari 61 Negara) soal literasi dunia. Untuk membudayakan minat baca, masyarakat perlu mendapatkan perhatian yang intensif dari berbagai pihak antara lain dari para orang tua, sekolah, pemerintah, masyarakat dan tak ketinggalan perpustakaan. Namun interpretasi perpustakaan dapat dikatakan tidak sesuai UU No. 43 Tahun 2007 pasal 3 yang menyatakan, bahwa sudah seharusnya sebuah perpustakaan memiliki fungsi rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa. Oleh karena itu, berdasarkan data yang ada, dibutuhkan sebuah wadah yang dapat mendukung keberlangsungan program meningkatkan minat baca dengan merancangan kembali wajah baru perpustakaan sebagai bentuk reimpretasi perpustakaan menjadi bangunan Learning Rsource Center. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan mendeskripsikan hasil analisis dari studi literatur dan studi preseden. Metode pengumpulan data yang terdiri dari; studi literatur, studi preseden, survei, dan dokumentasi. Pengolahan data yang dilakukan dengan cara analisis yang terdiri dari analisis tapak, analisis fungsional, dan analisis spasial yang kemudian dilakukan sintesis sehingga menghasilkan konsep perancangan. Berdasarkan hasil analisis dan konsep perancangan pada bangunan Learning Resource Center di Bandar Lampung, dapat disimpulkan bahwa konsep dasar pada bangunan adalah membantu mencapai kualitas rancangan sebagai alat berpikir potensial dalam membentuk tempat yang menarik, menyenakan, dan sesuai kebutuhan. Learning Resource Center merupakan bentuk penerapan placemaking dari perpustakaan yang bertujuan untuk menciptakan sebuah tempat belajar yang dapat menigkatkan minat baca bagi masyarakat kota bandar lampung terutama pelajar tingkat perguruan tinggi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
700 Seni, seni rupa, kesenian > 720 Arsitektur
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Arsitektur
Pengguna Deposit: 2208493326 . Digilib
Date Deposited: 16 Dec 2022 07:01
Terakhir diubah: 16 Dec 2022 07:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67746

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir