PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS PADAT SAMPAH BROMELAIN TERINDUKSI Trichoderma sp. (BIOGGP 2, LIGNINOLITIK) DAN Aspergillus sp. (BIOGGP 3, SELULOTIK) TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN BAYAM MERAH (Amaranthus Tricolor L.)

ANGGRAINI, RINI (2022) PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS PADAT SAMPAH BROMELAIN TERINDUKSI Trichoderma sp. (BIOGGP 2, LIGNINOLITIK) DAN Aspergillus sp. (BIOGGP 3, SELULOTIK) TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN BAYAM MERAH (Amaranthus Tricolor L.). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (194Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1150Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (997Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Bromelain merupakan enzim proteolitik atau protease yang hanya ditemukan pada tanaman nanas (Ananas comosus L. Merr). Produksi nanas di Lampung cukup besar, sehingga menghasilkan sampah dari hasil produksi nanas yang cukup besar juga. Sampah hasil produksi nanas ini bisa disebut dengan sampah bromelain, sampah bromelain sulit terdegradasi dengan alami sehingga memerlukan induser untuk mempercepat proses degradasinya. Penelitian ini menggunakan induser yaitu fungi ligninolitik dan selulolitik dengan tujuan fungi tersebut mampu mempercepat proses degradasi senyawa yang terkandung dalam sampah bromelain tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian kompos sampah bromelain yang terinduksi fungi dan memperoleh dosis kompos terbaik terhadap pertumbuhan bayam merah yang di Indonesia produksinya masih terbilang rendah. Pemberian kompos mampu memperbaiki unsur hara didalam tanah yang mengakibatkan kesuburan pada tanah dan meningkatkan pertumbuhan tanaman. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan yaitu P0=0%, P1=0,6%, P2=1,2%, P3=1,8%, P4=2,4%, P5=3%, P6=3,6% dengan 3 ulangan pada setiap perlakuan. Parameter yang diukur yaitu pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah daun tanaman, bobot basah, bobot kering tanaman, kadar klorofil a; b; dan ab, serta rasio akar dan pucuk. Data tersebut dilanjutkan dengan analisis data menggunakan ANARA taraf nyata

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2208464552 . Digilib
Date Deposited: 16 Dec 2022 07:12
Terakhir diubah: 16 Dec 2022 07:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67749

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir