PERANAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENUMBUHKAN SIKAP BELA NEGARA DI ERA GLOBALISASI PADA SISWA SMK UTAMA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Rohimah, 1413032059 (2021) PERANAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENUMBUHKAN SIKAP BELA NEGARA DI ERA GLOBALISASI PADA SISWA SMK UTAMA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Atalah Printing.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Atalah Printing.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2376Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Atalah Printing.pdf

Download (2378Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan bagaimanakah “Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menumbuhkan Sikap Bela Negara di Era Globalisasi Pada Siswa SMK Utama Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019”. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMK Utama Bandar Lampung dengan sampel 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, yang ditunjang dengan wawancara dan dokumentasi. data yang diperoleh kemudian dikelola dan dianalisis menggunakan rumus interval yang selanjutnya menggunakan rumus presentasi untuk mengetahui data presentase tesebut lalu diolah menggunakan rumus Chi kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara signifikan peranan pendidikan kewarganegaraan dalam menumbuhkan sikap bela Negara di era globalisasi. Sehingga adanya pendidikan kewarganegaraan sangat baik dalam menumbuhkan sikap bela negara di era globalisasi pada siswa SMK Utama Bandar Lampung. Kata Kunci : Pendidikan Kewarganegaraan, Bela Negara, Globalisasi This research aimed to explan and describe how “Civic Education Play a Role in Developing a Defence System in the Globalization Era of SMK Utama Bandar Lampung, 2018/2019”. Quantitative description design was used in this research. The population of this research was the students of SMK Utama Bandar Lampung the sample of this research was 30 students of SMK Utama Bandar Lampung. The data were obtained from questionnaire, interviews and documentation. Chi quadrat formula was used in this research. The result showed that there was a significant impact of civic education for growing national defense the globalization era. It indicates that civic education influences the students’ awareness of national defense in the globalization era of SMK Utama Bandar Lampung. Key Words : Civic, National Defense, Globalization.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: Firlia Hidayah
Date Deposited: 19 Dec 2022 01:54
Terakhir diubah: 19 Dec 2022 01:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67770

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir