IDENTIFIKASI POTENSI ZONA MINERALISASI BERDASARKAN MODEL 2D & 3D REDUKSI KE KUTUB ANOMALI MEDAN MAGNETIK PADA LAPANGAN NIRMALA, GUNUNG PONGKOR, BOGOR, JAWA BARAT

Kautsar Imam, Ahfasy (2022) IDENTIFIKASI POTENSI ZONA MINERALISASI BERDASARKAN MODEL 2D & 3D REDUKSI KE KUTUB ANOMALI MEDAN MAGNETIK PADA LAPANGAN NIRMALA, GUNUNG PONGKOR, BOGOR, JAWA BARAT. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (Siapa pun)
ABSTRAK.pdf

Download (258Kb) | Preview
[img] File PDF (Hanya staf)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb)
[img]
Preview
File PDF (Siapa pun)
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini menggunakan metode magnetik guna untuk menggambarkan model bawah permukaan berdasarkan model 2D dan untuk mendapatkan zona mineralisasi berdasarkan model 3D pada daerah penelitian. Pengukuran dilakukan sebanyak 7 line dan memiliki 302 titik setiap line-nya. menggunakan satu buah Proton Precession Magnetometer (PPM) tipe tipe Geometrics G-856 dan dua buah Geotron Magnetometer model G5 untuk mendapatkan nilai TMI. Data hasil pengukuran diproses dengan melakukan koreksi diurnal dan koreksi IGRF.(Internationall Geomagnetic Reference Field), data yang telah dikoreksi kemudian digunakan untuk membuat kontur anomali TMI, dan data tersebut dilakukan proses reduce to pole dan proses upward continuation setinggi 150 m. Hasil dari proses yang telah dilakukan sebelumnya berupa pasangan klosur tinggi dan rendah yang mengindikasikan adanya struktur geologi bawah permukaan dan dilakukan slicing untuk mengetahui struktur bawah permukaan dengan membuat model 2D menggunakan software Oasis Montaj v.8.4, adapun dalam pembuatan model 3D menggunakan software ZondGM3D. Hasil kedua slicing menghasil pemodelan 2D yang menunjukkan adanya struktur geologi berupa sesar turun yang berarah barat laut – tenggara dan diindikasikan terdapat zona mineralisasi emas berupa vein berada di sekitar sesar yang merupakan zona alterasi dengan nilai intensitas anomali kontras dan suseptibilitas 0.015 – 0.04 cgs yang berasosiasi dengan batuan breksi tuff - tuff lapili berumur Miosen Awal pada kedalaman yang relatif dangkal.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 2208181862 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2022 04:58
Terakhir diubah: 19 Dec 2022 04:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67785

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir