PENGARUH EKSTRAK BATANG BANDOTAN (Ageratum conyzoides L. ) TERHADAP PERTUMBUHAN Fusarium oxysporum YANG MENGINFEKSI TANAMAN CABAI MERAH BESAR (Capsicum annuum L.)

NURUL FADHILLA, 1857021013 (2022) PENGARUH EKSTRAK BATANG BANDOTAN (Ageratum conyzoides L. ) TERHADAP PERTUMBUHAN Fusarium oxysporum YANG MENGINFEKSI TANAMAN CABAI MERAH BESAR (Capsicum annuum L.). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (343Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2094Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2094Kb) | Preview

Abstrak

Cabai merah besar (Capsicum annuum L.) banyak di budidayakan di Indonesia. Dalam budidaya cabai merah masih banyak ditemukan kendala, salah satu infeksi penyakit yang sering menginfeksi tanaman cabai yaitu Fusarium oxysporum. Fusarium oxyporum merupakan patogen penting yang banyak menginfeksi berbagai tanaman pertanian, menyebakan penyakit layu tanaman hingga menimbulkan kerugian yang cukup tinggi bagi para petani. Pegendalian penyalit layu tanaman menggunakan bahan kimiawi dapat memberikan dampak negatif, sehingga perlu dicari alternatif lain yang lebih aman dan ramah lingkungan, seperti pestisida alami. Tanaman Bandotan (Ageratum conyzoides L.) diketahui mengandung metabolit sekunder yang memiliki aktivitas antifungi. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak batang bandotan terhadap pertumbuhan Fusarium oxysforum secara in vitro dan in vivo. Penelitian dilakukan pada Mei-Juli 2022 di Laboratorium Botani, FMIPA, Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak lengkap (RAL) satu faktor dengan 5 ulangan. Hasil ANOVA pada α = 5% membuktikan bahwa secara in vitro ekstrak batang bandotan menunjukan berbeda nyata pada diameter pertumbuhan Fusarium sp. dan secara in vivo pada parameter tinggi tanaman, luas daun, berat basah, berat kering dan keparahan penyakit menunjukkan bahwa ekstrak batang bandotan tidak efektif dalam menghambat infeksi Fusarium oxysporum. Kata kunci : Cabai Merah Besar, Fusarium oxysporum, Bandotan, Ekstrak Batang, dan Pertumbuhan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2208486620 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2022 04:09
Terakhir diubah: 19 Dec 2022 04:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67807

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir