PENGEMBANGAN E-ASESMEN KOGNITIF BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI IKATAN KIMIA

HENDRIANI, FRESTI (2022) PENGEMBANGAN E-ASESMEN KOGNITIF BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI IKATAN KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2225Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1554Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-asesmen kognitif berbasis literasi sains pada materi ikatan kimia dan mendeskripsikan validitas, tanggapan guru, dan tanggapan siswa terhadap e-asesmen yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian dan pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall (2011) sampai tahap kelima dari sepuluh tahap, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan produk, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, dan revisi hasil uji coba lapangan awal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi ahli, angket tanggapan guru, dan angket tanggapan siswa. Data yang diperoleh dari validator, guru, dan siswa yang kemudian dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif. E-asesmen kognitif berbasis literasi sains ini menggunakan 4 aspek literasi sains, yaitu aspek tentang pengetahuan yang dibutuhkan untuk partisipasi cerdas dalam masalah sosial berbasis sains, aspek tentang kemampuan berpikir kritis tentang sains dan menangani keahlian ilmiah, aspek tentang memahami sains dan aplikasinya, dan aspek pengetahuan tentang risiko dan manfaat sains. E-asesmen ini dibuat untuk mengukur literasi sains siswa. Hasil validasi ahli dan tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, aspek konstruksi, dan aspek keterbacaan menunjukkan kategori sangat layak. Hasil tanggapan siswa pada aspek konstruksi dan aspek keterbacaan menunjukkan kriteria sangat layak. Dengan demikian, E-asesmen kognitif berbasis literasi sains pada materi ikatan kimia yang dikembangkan dapat dikatakan valid dan layak digunakan. Kata kunci: e-asesmen kognitif, ikatan kimia, literasi sains.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2208096065 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2022 07:55
Terakhir diubah: 19 Dec 2022 07:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67818

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir