PENGEMBANGAN E-ASESMEN KOGNITIF BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

SHELVIANA SOJJA, PUTRI (2022) PENGEMBANGAN E-ASESMEN KOGNITIF BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2369Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1801Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-asesmen kognitif berbasis literasi sains pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dan mendeskripsikan validitas, tanggapan guru, dan tanggapan siswa terhadap e-asesmen yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian dan pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall (1989) sampai tahap kelima dari sepuluh tahap, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan produk, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, dan revisi hasil uji coba lapangan awal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi ahli, angket tanggapan guru, dan angket tanggapan siswa. Data yang diperoleh dari validator, guru, dan siswa yang kemudian dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif. E-asesmen kognitif berbasis literasi sains ini dibuat untuk mengukur literasi sains siswa, yaitu aspek pengetahuan yang dibutuhkan untuk partisipasi cerdas dalam masalah sosial berbasis sains, aspek kemampuan berpikir kritis tentang sains dan menangani keahlian ilmiah, aspek memahami sains dan aplikasinya, dan aspek pengetahuan tentang risiko dan manfaat sains. Hasil validasi ahli dan tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, aspek konstruksi, dan aspek keterbacaan menunjukkan kategori sangat layak. Hasil tanggapan siswa pada aspek konstruksi dan aspek keterbacaan menunjukkan kriteria sangat layak. Dengan demikian, easesmen kognitif berbasis literasi sains pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dikembangkan dapat dikatakan valid dan layak digunakan. Kata kunci: e-asesmen kognitif, larutan elektrolit dan non elektrolit, literasi sains.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2208804331 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2022 08:35
Terakhir diubah: 19 Dec 2022 08:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67825

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir