PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOLABORASI DAN DISIPLIN SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK

Frisca Dwi Anjani, 1713022020 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOLABORASI DAN DISIPLIN SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Frisca Dwi Anjani.pdf

Download (291Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Frisca Dwi Anjani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2562Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Frisca Dwi Anjani.pdf

Download (2476Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan kolaborasi dan disiplin siswa pada pembelajaran fisika berbasis Proyek yang valid, reliabel dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan langkah-langkah pengembangan diadaptasi dari Borg and Gall yang terdiri dari 7 langkah, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk awal, uji coba lapangan, dan penyempurnaan produk akhir. Produk terdiri dari tiga bagian, bagian awal produk terdiri dari cover, kata pengantar, rasional, dan daftar isi. Bagian isi terdiri dari kisi-kisi, butir instrumen, rubrik instrumen dan pedoman penskoran. Bagian akhir terdiri dari rekapitulasi nilai akhir, rekomendasi dan daftar pustaka. Instrumen penilaian yang dikembangkan menggunakan scientific approach dan model pembelajaran berbasis Proyek. Setiap butir instrumen penilaian kemampuan kolaborasi dan disiplin disesuaikan dengan tahapan model pembelajaran berbasis Proyek. Validitas produk dilakukan oleh ahli dua dosen dan satu guru untuk menilai aspek konstruksi, substansi dan bahasa. Hasil uji validitas dianalisis dengan menggunakan formula Aikens’ V. Hasil validitas ahli pada aspek konstruksi 0,77, aspek substansi sebesar 0,77 dan aspek bahasa sebesar 0,70. Masing-masing dalam kategori valid. Analisis reliabilitas instrumen dengan menggunakan reliabilitas hasil rating diperoleh nilai sebesar 0,88 yang diinterpretasikan dengan nilai cronbach alpha yaitu dalam kategori sangat reliabel. Uji coba lapangan dilakukan kepada tiga orang guru fisika untuk mengetahui mengetahui tanggapan guru terhadap kualitas instrumen penilaian yang telah dikembangkan berdasarkan aspek kepraktisan. Hasil uji coba lapangan diperoleh nilai kepraktisan sebesar 83,04% dalam kategori sangat baik. Kata Kunci : Instrumen Penilaian, Kemampuan Disiplin, Kemampuan Kolaborasi, Project Based Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:31
Terakhir diubah: 20 Dec 2022 07:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67887

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir