ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG TERHADAP KUALITAS WEBSITE VIRTUAL CLASS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PARTIAL LEAST SQUARES-STRUCTURAL EQUATION MODELING

RIKA PANGGABEAN, 1817031023 (2022) ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG TERHADAP KUALITAS WEBSITE VIRTUAL CLASS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PARTIAL LEAST SQUARES-STRUCTURAL EQUATION MODELING. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1729Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1730Kb) | Preview

Abstrak

Virtual Class is a system that is relied upon in the world of education and is used as a benchmark for the quality of service of a university. With virtual class, teaching and learning activities between lecturers and students during the Covid-19 pandemic are very helpful. The level of satisfaction is one of the phenomena that cannot be observed directly. The quality of the virtual class has an effect on student satisfaction at the University of Lampung. This activity provides an important role and great benefits to improve the quality of virtual class. However, with the limited number of samples from the student population of the University of Lampung which resulted in an abnormal distribution of data, thus utilizing the boostrap method that applies in PLS-SEM. In this study, an analysis of student satisfaction with the quality of virtual class will be carried out using the PLS-SEM (Partial Least Square Structural Equation Modeling) method. The results obtained to analyze in more detail the effect of latent exogenous variables (system quality, information quality, interaction quality, service quality) on endogenous variables (student satisfaction). This study obtained an value of 78%. Kata Kunci: Virtual Class, Tingkat kepuasan, boostrap, PLS-SEM. Virtual Class merupakan suatu sistem yang diandalkan dalam dunia pendidikan dan digunakan sebagai tolak ukur terhadap kualitas pelayanan suatu perguruan tinggi. Dengan adanya virtual class kegiatan belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa di masa pandemi Covid-19 menjadi sangat terbantu. Tingkat kepuasan merupakan salah satu fenomena yang tidak dapat diamati secara langsung. Kualitas virtual class berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa di Universitas Lampung. Kegiatan ini memberikan peranan penting dan manfaat yang besar untuk meningkatkan kualitas virtual class. Tapi dengan terbatasnya jumlah sampel dari populasi mahasiswa Universitas lampung yang berdampak dengan penyebaran data yang tidak normal, sehingga memanfaatkan metode boostrap yang berlaku dalam PLS-SEM. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis kepuasan mahasiswa terhadap kualitas virtual class menggunakan metode PLS-SEM (Partial Least Square Struktural Equation Modeling). Hasil yang diperoleh digunakan untuk menganalisis lebih detail pengaruh variabel laten eksogen (kuaitas sistem, kualitas informasi, kualitas interaksi, kualitas pelayanan) terhadap variabel endogen (kepuasan mahasiswa). Penelitian ini memperoleh nilai sebesar 78%. Kata Kunci: Virtual Class, Tingkat kepuasan, boostrap, PLS-SEM.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Matematika
Pengguna Deposit: 2208546221 . Digilib
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:00
Terakhir diubah: 20 Dec 2022 08:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67892

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir