UPAYA PENINGKATAN AKTIFITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GULAK-GALIK BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2011-2012

, Jussanti (2011) UPAYA PENINGKATAN AKTIFITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GULAK-GALIK BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2011-2012. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
cover.pdf - Published Version

Download (403Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (339Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I s.d III.pdf - Published Version

Download (217Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (98Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (323Kb)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (89Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (653Kb)

Abstrak

Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa terutama pelajaran IPA di Kelas V SDN 1 Gulak-galik, oleh karena itu dalam penelitian ini dibahas tentang cara peningkatan hasil aktifitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini meningkatkan hasil aktifitas pembelajaran IPA menggunakan media gambar. Tindakan penelitian ini terdiri dari tiga (3) Siklus. Pada setiap siklus akan dilakukan tindakan dengan langkah-langkah yang mengikuti tiga daur yaitu : rencana tindakan , pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Dalam pelaksanaan tindakan, dilakukan pembelajaran mata pelajaran IPA dengan menitikberatkan penggunaan media gambar. Diawali dengan Tanya jawab tentang struktur bagian tumbuhan, lalu menunjukkannya kedalam kelas, membagi siswa menjadi kelompok kecil dengan menunjukkan media gambar. Dilanjutkan dengan latihan terbimbing yaitu guru membimbing siswa berdiskusi untuk memecahkan persoalan terhadap materi. Tahap terakhir dari kegiatan ini adalah latihan mandiri, yaitu siswa mengerjakan tugas secara individu. Setelah tindakan dilaksanakan, maka ditemukan fakta bahwa media gambar dapat meningkatkan aktifitas belajar IPA. Hal ini ditunjukkan semakin meningkatnya aktifitas belajar siswa, sehingga hasil evaluasi mengalami peningkatan yang signifikan pada setiap siklus. Hasil tes belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran menggunakan media gambar menunjukkan adanya peningkatan. Pada 20 siswa mencapai 60% terhadap aktivitas belajar siswa pada siklus pertama, dan mengalami peningkatan pada siklus kedua berjumlah 29 orang, dan pada siklus ketiga berjumlah 31 orang dari 38 siswa. Hasil ini sudah mencapai KKM sebagaimana telah ditetapkan dalam indikator keberhasilan dalam penelitian ini. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Pembelajaran IPA, Media Gambar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 23 Jan 2014 04:37
Last Modified: 23 Jan 2014 04:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item