IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN CEKUNGAN JAWA BARAT SELATAN MENGGUNAKAN METODE GAYA BERAT ANALISIS DERIVATIVE, PEMODELAN 2D DAN 3D

Oktaviana, 1815051002 (2022) IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN CEKUNGAN JAWA BARAT SELATAN MENGGUNAKAN METODE GAYA BERAT ANALISIS DERIVATIVE, PEMODELAN 2D DAN 3D. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (136Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3761Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1728Kb) | Preview

Abstrak

Cekungan Jawa Barat Selatan merupakan cekungan yang batuannya didominasi oleh batuan vulkanoklastik yang merupakan hasil dari penunjaman Lempeng Samudra Hindia dan Lempeng Eurasia. Metode geofisika yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi struktur cekungan salah satunya yaitu metode gayaberat. Metode gayaberat merupakan metoda geofisika yang dapat digunakan untuk mengetahui struktur cekungan berdasarkan perbedaan parameter fisis rapat massa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi struktur patahan dan mengetahui kondisi geologi bawah permukaan berdasarkan analisis FHD dan SVD, forward modelling 2D dan inverse modelling 3D. Forward modelling 2D digunakan untuk mengetahui kondisi litologi dan gambaran geologi bawah permukaan sedangkan inverse modelling 3D digunakan untuk menentukan sebaran dan geometri cekungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya patahan dengan arah baratlaut – tenggara (NW-SE) dibagian baratlaut, tengah dan tenggara daerah penelitian. Selain itu didapatkan patahan naik dan patahan turun yang diperkirakan sebagai batas subcekungan. Hasil dari pemodelan bawah permukaan terdapat beberapa patahan yang memiliki nilai densitas berkisar antara 2,1 g/cm3 sampai 2,6 g/cm3. Nilai densitas tinggi dipengaruhi oleh Formasi Jampang (Tomj) dan Formasi Bentang (Tmb) sedangkan nilai densitas rendah di pengaruhi oleh Batuan Gunungapi Muda G. Cikuray (Qyc) dan Formasi Beser (Tmbe). Kata kunci: metode gayaberat, Cekungan Jawa Barat Selatan, first horizontal derivative, second horizontal derivative, forward modelling 2D, inverse modelling 3D.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 2208824681 . Digilib
Date Deposited: 21 Dec 2022 06:18
Terakhir diubah: 21 Dec 2022 06:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/67953

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir