Identifikasi Zona Reservoar Berdasarkan Pemodelan 2D Menggunakan Data Magnetotellurik Pada Daerah Panas Bumi Bonjol Kabupaten Pasaman

Feriansyah, Taufiq (2022) Identifikasi Zona Reservoar Berdasarkan Pemodelan 2D Menggunakan Data Magnetotellurik Pada Daerah Panas Bumi Bonjol Kabupaten Pasaman. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img] File PDF
File Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
File Skripsi Full Tanpa Bab Pembahasan.pdf

Download (2583Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pada sistem panas bumi, struktur maupun reservoar panas bumi merupakan objek yang diinvestigasi dengan metode geofisika. Dibutuhkan metode geofisika yang mampu melakukan pengukuran secara vertikal. Metode magnetotellurik dapat diterapkan dalam kegiatan eksplorasi panas bumi dikarenakan memiliki penetrasi yang dalam. Pengukuran menggunakan metode magnetotellurik pada lapangan panas bumi Bonjol dengan titik pengukuran berjumlah 25 titik dengan total lintasan pengukuran sebanyak 5 lintasan. Lintasan 1 sampai dengan 4 dengan arah barat daya – timur laut dan lintasan 5 dengan arah selatan – utara. Tahapan pengolahan data edi meliputi koreksi efek statis, parameter inversi 2D dan analisis model inversi. Nilai RMS pada masing – masing model inversi secara keseluruhan dibawah 3%. Model inversi 2D dianalisis berdasarkan nilai tahanan jenis dan informasi geologi. Nilai tahanan jenis rendah dengan rentang nilai 10 – 30 Ohm.m diperkirakan sebagai lapisan clay cap, nilai tahanan jenis sedang dengan rentang nilai 80 - 130 Ohm.m diduga sebagai lapisan reservoar panas bumi dan nilai tahanan jenis tinggi ditandai dengan rentang nilai diatas 200 Ohm.m diindikasikan sebagai lapisan heat source.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 605 Terbitan berseri tentang teknologi dan ilmu terapan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 2301491529 . Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2022 08:45
Terakhir diubah: 23 Dec 2022 08:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68055

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir