PENGEMBAGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI SMP BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK

Diah Ayu Ningsih, 1713041016 (2021) PENGEMBAGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI SMP BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Atalah Printing.pdf

Download (164Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Atalah Printing.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Atalah Printing.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian pengembangan ini memaparkan mengenai permasalahan keterbatasan refrensi yang dialami oleh peserta didik pada materi pembelajaran iklan layanan masyarakat di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan, mengembangkan produk bahan ajar berupa modul pembelajaran Menulis Iklan Layanan Masyarakat di SMP, serta mendeskripsikan kelayakan produk bahan ajar tersebut. Metode penelitian menggunakan lima dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall. Lima langkah penelitian ini, yaitu 1) analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi produk. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini berupa Modul Pembelajaran Menulis Iklan Layanan Masyarakat Berbasis Pendekatan Saintifik untuk peserta didik kelas VIII SMP. Modul tersebut memuat materi iklan layanan masyarakat, mulai dari menggali informasi iklan layanan masyarakat melalui definisi dan fungsinya, menyimpulkan iklan layanan masyarakat, menelaah pola penyajian dan kaidah kebahasaan iklan layanan masyarakat, sampai pada memproduksi iklan layanan masyarakat. Uji kelayakan modul dilakukan oleh ahli materi dan pendidik mata pelajaran bahasa Indonesia. Hasil validasi ahli materi terhadap aspek-aspek yang dinilai diperoleh skor rata-rata 4,4 dan rerata persentase 87,35% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi oleh pendidik mata pelajaran bahasa Indonesia terhadap aspek yang dinilai diperoleh skor rata-rata 4,6 dan rerata persentase 92,81% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan pendidik mata pelajaran bahasa Indonesia maka modul pembelajaran menulis iklan layanan masyarakat berbasis pendekatan saintifik dinyatakan layak digunakan. Kata kunci: bahan ajar, pendekatan saintifik, modul, iklan layanan masyarakat

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 09 Jan 2023 00:50
Terakhir diubah: 09 Jan 2023 00:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68133

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir